Menggoreng, Hindari Jelantah

Penderita penyakit jantung koroner tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan. Menurut dr Wenni Erwindia SpJp RS Siloam, ada beberapa pedoman makanan untuk kesehatan jantung.

  • Terapkan diet seimbang
  • Batasi kolesterol sampai dengan 300 mg/hari. Konsumsi lemak 25 persen total kebutuhan kalori, terdiri atas 10 persen lemak jenuh dan 15 lemak tak jenuh.
  • Batasi pula pemakaian garam dapur (NaCl), juga bahan makanan yang mengandung kadar lemak dan natrium tinggi.
  • Pilihlah daging rendah lemak.
  • Buang semua lemak kasat mata dari bahan makanan sebelum dimasak.
  • Gunakan susu rendah lemak untuk semua makanan yang menggunakan susu. * Hindarilah pemasakan dengan menggunakan santan.

Cara memasak yang dianjurkan adalah merebus, mengukus, mengungkep, menumis, ataupun memanggang.

Gunakanlah minyak baru, hindari menggunakan minyak jelantah atau minyak yang digunakan berkali-kali. Sebab, asam lemak tidak jenuh berubah menjadi asam lemak trans yang dapat meningkatkan lipoprotein LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan lipoprotein HDL (kolesterol baik).

Apabila menggoreng, usahakan menggunakanan minyak dengan panas sedang. (war/soe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s