2009, Jatah Pupuk Bersubsidi Sultra Bertambah

Kendari, KP
Bertambahnya luas areal tanam di Sultra setiap tahun, membuat Departemen Pertanian menambah stok pupuk urea bersubsidi pada 2009 nanti. Jika pada 2008 ini, jumlah stok pupuk bersubsidi sebanyak 20 ton,  pada 2009 nanti naik menjadi 500 ton.

Kepala Kantor Pemasaran  PT Kaltim Kendari Sukamto menjelaskan tambahan jumlah pupuk subsidi tersebut setelah ada usulan dari Dinas Pertanian Sultra. Sebab, pada 2008 ini, 20 ton pupuk dinilai tak mencukupi permintaan petani se-Sultra sehingga jumlahanya ditambah. Apalagi saat ini, penyaluran pupuk bersubsidi sudah mencapai 91 persen  hingga November. ” Itu artinya stok yang ada sangat terbatas untuk memenuhi permintaan petani.  Makanya agar tidak terjadi kekosongan jumlahnya akan ditambah,” terang Sukamto, kemarin.

Sukamto mengaku meskipun tahun 2008  kuota yang ada masih belum mencukupi, namun di 2009 nanti,  Deptan tidak menambah subsidi, dan masih  memberi suplai seperti tahun 2008.  Namun jika nanti tidak mencukupi lagi dipenghujung tahun, tentunya Distan akan mengajukan ke pusat. Deptan pun selalu memiliki cadangan, tahun 2008 memiliki cadangan sebanyak 200 ribu ton untuk seluruh provinsi di Indonesia. Kemudian tahun 2009 sebanyak 100 ribu ton. “Saat ini subsidi bukan hanya diporsikan pada urea dari PT Kaltim, namun ada juga produk dari PT Petrokimia, seperti SP 36,” ujarnya.

Katanya, stok tahun ini di gudang Kaltim masih mencukupi hingga tiga bulan ke depan, yakni sekitar 5 ton. Sedangkan stok untuk Januari 2009, PT Kaltim akan mendatangkan lagi.

Soal pendistribusian, Sukamto mengaku saat masih aman. Bahkan di sejumlah daerah pemekaran sudah bisa dilayani, seperti Konawe Utara. Sementara untuk Kolaka Utara suplai langsung dari Makasar. “Itu disesuikan dengan letak geografis Kolut yang dekat dengan Sulsel sehingga dapat menekan biaya transportasi jika di suplai dari Kendari,” tukas Sukamto. (lis/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s