MIPA Prioritas Dalam Kelas RSBI

Kendari, KP
Program  RSBI telah memasuki tahun kedua di SMAN 1 Kendari. Tidak sedikit masalah  dalam pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan itu. Sekolah masih beranggapan ada diskriminasi  dalam prioritas materi pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA) dengan materi yang lain di kelas RSBI.

Drs Soemarno M Ed, dari Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Mandikdasmen Depdiknas dalam pemaparan  pada sosialisasi bintek RSBI di SMAN 1 Kendari Kamis (27/11) mengatakan, tidak ada pembedaan dalam materi pembelajaran di kelas RSBI. Hanya  materi  MIPA menjadi prioritas karena  punya kesamaan  yang diajarkan di negara-negara lain. Sedangkan ilmu pengetahuan sosial (IPS) yang dipelajari di Indonesia sama sekali tidak punya kesamaan dengan IPS yang diterapkan di negara lain, sehingga untuk sementara materi MIPA mendapat prioritas lebih.

“Tidak ada pengkotak-kotakan dalam penerapan materi pelajaran di RSBI, untuk sementara MIPA lebih diprioritaskan. Dalam pengantar pelajaran diharuskan menggunakan bahasa Inggris,”katanya.

Terkait dengan RSBI,  magister salah satu universitas  di Australia itu mengungkapkan, untuk RSBI idealnya dalam satu kelas  maksimal 32 siswa agar pembelajaran efektif. Terkait  ujian nasional (UN) bagi siswa kelas RSBI  belum bisa dirinci. “Belum ada petunjuk khusus pelaksanaan UN bagi siswa kelas RSBI dan reguler,  saya tidak bisa komentar banyak,” tandasnya. (m3)

One thought on “MIPA Prioritas Dalam Kelas RSBI

  1. saya setuju kalo di RSBI memang tidak ada diskriminasi. tapi, bukan diskriminasi yang ada, malahan yang ada adalah keunggulan. karena kurikulum RSBI memang berbeda dengan kelas REGULAR. tentu saja perbedaannya tentang jumlah bahan / materi yang diajarkan.lebih banyak jumlahnya (red: lebih ditingkatkan). karena itu, RSBI memiliki jumlah jam pelajaran yang lebih banyak (terutama bahasa Inggris).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s