Pasar Modal Indonesia Butuh Investor Jangka Panjang

Jakarta, KP
Belum ada sinyal signifikan akan terjadinya pemulihan dalam industri pasar modal dalam negeri. Namun krisis kali ini memberi pelajaran berarti. Apa itu? Momentum untuk meningkatkan peran investor lokal yang berparadigma jangka panjang dalam berinvestasi.

Demikian dikatakan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Fuad Rahmany di Jakarta kemarin. “Kurangnya investor lokal, juga investor jangka panjang sangat memengaruhi fluktuasi kinerja bursa saham,” ujar Fuad.

Arus keluar investasi jangka pendek itu membuat bursa gampang sungsang. “Inilah saatnya kita berpikir investasi untuk jangka panjang. Pasti untung dan aman. Perbanyak investor domestik dengan paradigma jangka panjang,” tegasnya.

Dia juga mencermati sikap investor lokal yang selalu berpatokan pada perilaku investor asing. “Investor asing masuk, investor lokal ikut masuk. Keluar ikut keluar. Investor lokal selalu ketinggalan,” tuturnya.

Dia mencontohkan, investor asing melihat peluang harga terdiskon langsung masuk. Misalnya di harga Rp 700 per lembar. Melihat perilaku itu, investor lokal ikut-ikutan masuk, dan harga sudah naik di level, misalnya Rp 1.000.

Ketua Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini pasar modal memang sangat kekurangan investor jangka panjang. Secara umum, hal itu juga berlaku di instrumen jasa keuangan lainnya. “Di Indonesia, keberadaan dapen (dana pensiun, Red) belum optimal dan familier. Padahal, dapen itu sangat penting sebagai salah satu institusi yang punya time horizon investasi jangka panjang,” tuturnya.

Keberadaan dapen, sambung dia, mesti diperbanyak dan dioptimalkan lagi. Selain itu, regulasi-regulasi yang ada juga harus direlaksasi untuk menyemarakkan gairah masyarakat dalam berinvestasi di pasar keuangan.
Terkait pemeriksaaan transaksi short selling yang kini tengah dilakukan Bapepam-LK, Fuad mengatakan, untuk membuktikan bahwa ada transaksi short selling sangat susah. “Sebenarnya, di masa normal tak masalah. Tapi, ini kan kondisi seperti ini.”

Dia mengemukakan, jika broker asing yang melakukan hal tersebut, ada kendala lagi. “Kita terhambat mekanisme pasar modal, ada global kustodian, kita tak punya akses ke sana. Ini butuh waktu,” tuturnya.

Hasil pemeriksaan, sambung dia, masih bersifat umum. Transaksi short selling diduga memperdalam kejatuhan bursa hingga dihentikan perdagangannya pada 8-10 Oktober lalu.(eri/fan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s