Tahap Satu 4484, Tahap Dua 3000 .:. Seleksi CPNS Gelombang II Dibuka Januari 2009

Kendari, KP
Ini kabar gembira bagi pencari kerja di daerah ini, terkhusus bagi yang bercita-cita mengabdikan diri sebagai pegawai negeri sipil. Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di daerah ini akan berlangsung dua kali. Untuk tahap satu Sultra kebagian kuota 4484 CPNS (Provinsi/kabupaten/kota). Sedangkan, seleksi tahap II yang direncanakan awal Januari 2009 mendatang mencapai sekitar 3000 orang.

Asisten III Drs H Thamrin Patoro MM menjelaskan, setelah penerimaan CPNS tahap I yang direncanakan diumumkan 22 Desember mendatang rampung, pihaknya bakal membuka ujian CPNS gelombang II untuk kuota provinsi/kabupaten/kota di Sultra. Penambahan kuota PNS di Sultra, sepenuhnya inisiatif Gubernur Sultra, Nur Alam SE yang melihat besarnya keinginan masyarakat dalam memilih PNS sebagai prioritas pekerjaan.

“Gubernur melihat dari tahun ke tahun pelamar PNS terus meningkat, sehingga diupayakan adanya penambahan kuota. Alhamdulillah, melalui lobi gubernur, Menpan pun memberikan titik terang dengan menambah kuota tiga ribuan PNS lagi. Sewaktu saya menemui Menpan beberapa waktu lalu, alhamdulillah sudah ada titik terangnya alias tanpa perubahan dari yang diusulkan bapak Gubernur. Sekarang saya dalam perjalanan membahas kuota tambahan tadi di Jakarta. Kita berdoa apa yang diupayakan gubernur benar-benar terwujud demi menjawab masalah kebutuhan kerja di daerah,” terang Thamrin Patoro via ponselnya, kemarin.

Penambahan kuota PNS yang diusulkan gubernur, terang Asisten III Setda Pemprov, juga terkait realisasi program Membangun Kesejahteraan Masyarakat (BAHTERAMAS).  Menurut informasi gubernur, lanjut Thamrin, rekruitmen PNS tahap II diupayakan bisa memberikan ruang bagi tamatan SMA dan sederajat. “Kita jangan terpaku dengan sarjana dan diploma saja. Kenapa? Ini justru akan menjadi dinamika terbalik bagi pegawai golongan III. Apa mereka mau menjadi tukang antar koran atau sopir saat dibutuhkan? Makanya, gubernur memberikan alternatif untuk mengakomodir mereka yang hanya mengantongi ijasah SMA sederajat,” ungkapnya.

Menyangkut  rekruitmen CPNS tahap I, beber Mantan Kepala Bappedalda Provinsi ini, Sultra memperoleh kuota 4.484 orang yang dibagi di provinsi/kabupaten/kota sesuai yang diumumkan di media massa.

Thamrin juga menyampaikan, Pemprov telah membentuk tiga tim terkait seleksi CPNS 2008. Tim pertama adalah, panitia inti yang bertugas sebagai ketua panitia dan ketua umum, tim kedua bertugas sebagai pengawas dan pemantau dengan melibatkan semua komponen (Wartawan, Kepolsian, Kejaksaan dan LSM), serta tim ketiga adalah panitia teknis yang kerjanya dipantau oleh panitia pengawas tadi.  IT Unhalu dipercaya membuat soal dan memeriksanya.

“Pihak panitia tidak boleh intervensi hasil kerja IT Unhalu karena sepenuhnya diserahkan pada perguruan tinggi yang ditunjuk pemerintah. Karenanya, Unhalu diharapkan bisa mempresentasekan bagaimana tata cara membuat soal, memeriksa dan bagaimana mengumumkan hasilnya serentak di kabupaten/kota/provinsi sesuai jadwal yang ditetapkan,” katanya.

Untuk pembuat soal dan pemeriksa gelombang II, maka akan ditunjuk perguruan tinggi lain. Pertimbangannya, Unhalu masih sibuk dengan rekruitmen CPNS awal. (emi)

10 thoughts on “Tahap Satu 4484, Tahap Dua 3000 .:. Seleksi CPNS Gelombang II Dibuka Januari 2009

  1. Saya hamya sedikit mengomentari dalam hal pemerisaan yang mana dikatakan pihak Unhalu tidak dapat diintervensi karena sterilisasi yang bersih,apakah dapat diprtanggung jawabkan bila mana terbukti adanya manipulasi nama-nama yang kuncinya ada dalam CD\USBE copy yang ada dalam alat Scaner yang sudah otomatis terprogram bila copy itu di printkan menjadi Rekapitulasi dengan nilai yang baik tetapi digantikan oleh para nama-nama yang seharusnya diterima,SIPA YANG BERTANGGUNG JAWAB bila tidak ada kecocokan dengan HASIL pengumuman di MEDIA CETAK terindikasi MANIPULASI dengan kriteria yang tidak jelas,TOLONG JELASKAN KRITERIA SECARA TRANSPARAN kepada MASYARAKAT yang mengikuti TEST CPNS agar puas menerima KEGAGALAN DALAM TEST yang DIIKUTI oleh banyak pihak,jangan menjadi alasan untuk MENUTUPI KEBUSUKAN yang diasumsikan bahwa itu benar benar BERSIH.

  2. SEMUA BISA DIATUR ASAL JELAS DALAM ARTI TANDA KUTIP,BERAPA 40-60 JUTAKAH?,ITU SUDAH BUKAN RAHASIA LAGI,TETAPI SECARA INTERNAL DAN PRIVACI TETAP SALING MENJAGA,KARENA APA YANG DISAMPAIKAN BPK ASISTEN 3 TIDAKLAH ADA ARTINYA UNTUK MEMBANGUN OPINI DIMASYARAKAT BILA SELEKSI PENILAIAN DALAM SIAPA YANG HARUS DITERIMA DENGAN NILAI BAGUS SECARA TRANSPARAN HANYA AKAL AKALAN SAJA ,SAYA SETUJU DENGAN APA YANG DISAMPAIKAN OLEH BAPAK DJONI KARENA HAL ITU AKAN MEMPERJELAS DALAM KONTEKS PEMERIKSAAN PADA PENYARINGAN PENGIKUT TEST CPNS JIKALAU PERLU SIAPA YANG MENGIKUTI DENGAN NILAI DIBUATKAN SLIDE SEPERTI NAMA-NAMA CALEG DENGAN NILAI KESELURUHANNYA DI MEDIA LOKAL DGN KRITERIA SECARA TRANSPARAN,ITU SARAN SAJA PAK,SUKSES SEBUAH DAERAH KARENA DIMULAI OLEH BIBIT PNS YANG BERSIH TAPI BILA MASUKNYA SAJA TIDAK BERSIH APA KATA DUNIA MENGENAI NEGARA KITA INI.YA…PANTAS KORUPSI BIANGNYA ADA DI INDONESIA JIKALAU YANG DUDUK DI TATANAN BIROKRASI SAJA SUDAH DIAJARI DENGAN SOGOKAN UNTUK KORUPSI …MALU…ATAU MEMANG TIDAK PUNYA MALU..BUDAYA KITA..HAYO…SIAPA YANG MENITIP…KEPALA DAERAHKAH..?,REKRUITMEN YANG SUDAH DI ATUR SIAPA-SIAPA NAMA YANG MENYETOR..? ATAU NASIB BAIK YANG SUDAH DIATUR OLEH ALLAH YANG KUASA..BUKANPUN OLEH ORANG-ORANG YANG BERKUASA..KITA LIHAT SAJA..PAK…AMIN SEMOGA APA YANG BAPA KATAKAN BUKAN MENJADI RACUN DIDALAM DIRI TETAPI MENJADI VITAMIN KEBAIKAN DIMATA ALLAH.

  3. PERHATIAN PARA PEMERINTAH TOLONG PERHTIKAN LAH KAMI MASARAKAT KECIL JANGAN BAPA HANYA MEMIKIRKAN KELUARGA SENDIRI KAMI JUGA MASARAKAT KECIL PUNYA POTENSI YANG SAMA APA YANG DIMILIKI ANAK-ANAK PEJABAT JADI KAMI MOHON TOLONG AKALU BAPA-BAPA PEJABAT YANG TEHORMAT MAU MEMBUKA JURUSAN YANG MAU DI TERIMA UNTUK CPNSD JANGAN BAPA HANYA MELIHAT DARI SISI KELUARGA BAPA TAPI MELIHATLAH KEBUTUHAN DAERAH JANGAN BAPA HANYA MEMBUKA JURUSAN ITU JURUSAN ANAK BAPAK SENDIRI

  4. Tolong nama-nama peserta seleksi CPNS 2008 yang dinyatakan lulus dimuat atau ditampilkan sekarang kalau memang pengumumannya dilaksanakan besok.trims.

  5. kami sebagai masyarakat sulawesi tenggara sangat senang mendengar informasi tersebut yang memberikan ksempatan kepada putra daerah untuk mengabdikan diri sebagai pegawai negeri sipil,hanya untuk kedepannya kami menghimbau kepada pemerintah daerah setempat untuk mengedepankan keterbukaan dan netralisasi dalam dalam penerimaan cpns dengan melibatkan unsur-unsur lain seperti media massa untuk mengawalnya,

  6. tolong di perjelas tentang penerimaan cpns 2009 yang mengikut sertakan lulusan sma. agar masyarakat mengetahui lebih jauh tentang informasi tersebut. waktu dan tenpat swerta syarat-syarat

  7. alhamdulilah……..
    seleksi CPNSD tahap yang kedua ada lagi
    berarti para koruptor mulai cari mangsa lg nech….

  8. Gimana nih seleksi CPNSD katanya melibatkan pihak universitas supaya tidak terjadi KKN tapi buktinya sekarang masih banyak juga yang lulus itu dekat dengan bupati atau keluarga bupati dan yang mambayar yang lulus

  9. Bener ga sih masuk PNS itu ga bayar?? Ko katanya masih.. gimana sih negara kita ini?? cuma ngomong2 aja..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s