Ubah DPT, Bawaslu Anggap KPU Melanggar

Jakarta, KP
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menilai langkah KPU mengubah daftar pemilih tetap (DPT) merupakan bentuk pelanggaran tahap pemilu. Anggota Bawaslu Bambang Eka Cahyo Widodo menegaskan pihaknya akan memanggil komisioner KPU untuk meminta penjelasan resmi.

”Menurut kami, itu sebuah jalan supaya segalanya jelas,” katanya di Kantor Bawaslu, Gedung Joang, Jakarta.

Sebelumnya, KPU pada Senin malam (24/11) mengumumkan adanya perubahan DPT yang telah ditetapkan pada 24 Oktober. DPT perubahan itu awalnya hanya akan menambahkan data pemilih dari Papua Barat dan luar negeri yang belum masuk. Namun, kenyataannya, semua DPT di provinsi yang sudah ditetapkan ikut diubah.

Menurut Bambang, sebelum adanya penetapan DPT untuk yang kedua, Bawaslu sudah memberikan surat teguran kepada KPU. Surat tersebut menyatakan bahwa UU Pemilu Nomor 10 Tahun 2008 mengatur bahwa penetapan DPT oleh KPU hanyalah sekali. ”Ketentuan itu sangat jelas menyatakan bahwa DPT tidak bisa diubah-ubah,” ujarnya mengingatkan.

Terkait dengan pemanggilan komisioner KPU, Bawaslu mungkin akan memanggil Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary, termasuk pula tim pokja dari pemutakhiran data penduduk. Merujuk pada pengalaman sebelumnya, Bambang berharap KPU bersedia memenuhi pemanggilan kali ini. ”Sebelumnya kami memanggil KPU soal kasus lain. Namun, ternyata yang datang hanya jawaban tertulis,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary menyatakan, keputusan untuk mengubah DPT tersebut tidak memiliki maksud apa pun. Dengan mobilitas masyarakat yang tinggi, KPU melihat adanya perubahan signifikan dari data pemilih di setiap provinsi. ”Sempat muncul perdebatan untuk tidak mengubah, namun kami ubah demi kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Dia menambahkan, dirinya siap dipanggil Bawaslu bila sekiranya hal tersebut dinilai perlu. ”Kami siap dipanggil. Meski nanti ada gugatan, kami juga siap membuktikannya di pengadilan,” ujarnya dengan menahan emosi. (bay/tof)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s