1909 Desa Dipastikan Kebagian Block Grant .:. Ditarget Tersalur Keseluruhan pada Desember 2008

Kendari, KP

Pemerintah Provinsi Sultra bertekad menyalurkan pemberian block grant bagi 1909 desa dan kelurahan di Sultra. Targetnya, pertengahan Desember 2008, seluruh desa dan kelurahan akan menerima kucuran block grant. Karenanya, aparat Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Provinsi Sultra, instansi yang bertanggung jawab menyukseskan salah satu program utama Gubernur Nur Alam, itu bekerja ekstra memberikan pelayanan.

“Aparat BPM sekarang kerja mulai siang hingga malam hari. Mereka kerja lembur agar penyaluran block grant dapat dilakukan  bagi 1909 desa dan kelurahan penerima sesuai rencana. Jadi, bukan hanya 50 desa dan kelurahan seperti yang dilansir media,” kata Drs Kusnadi, Kabag Telkom dan Teleksandi Setprov Sultra, yang juga bertindak sebagai juru bicara Pemprov Sultra, kepada wartawan kemarin.

Penyaluran block grant, lanjut Kusnadi, memang tak bisa dilakukan secara langsung kepada desa dan kelurahan penerima. Tentu, ada proses bimbingan teknis dan pemenuhan kelengkapan administrasi demi sukses dan efektifnya penyaluran bantuan dimaksud. Proses itu terus berlangsung di BPMD Provinsi. Di mana, hingga kini sudah sekitar 40 persen desa dan keluarahan penerima block grant, atau sekitar ikut bimbingan teknis. 60 persen lagi ditargetkan rampung mengikuti Bintek pada Minggu pertama Desember 2008.

Setelah mengikuti bintek, maka desa dan lurah akan memahami seputar pengucuran block grant. Setelah itu, mereka akan mengajukan proposal usulan melalui BPMD Sultra, selanjutnya direkomendir ke bagian keuangan Setprov Sultra. Kemudian dilakukan proses pencairan melalui rekening desa dan kelurahan di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sultra.  “Terkini, 200 desa dan kelurahan  yang sudah mengajukan proposal usulan telah membuka rekening melalui BPD Sultra. Jumlahnya tentu akan terus bertambah, karena prosesnya berjalan terus. Yang jelas, 1909 desa dan kelurahan tetap akan menerima BLT paling lambat pertengahan Desember 2008. Hanya memang kita harapkan para kepala desa dan lurah proaktif untuk suksesnya penyaluran dana dimaksud,” paparnya.

Selain itu, Kusnadi yang juga Ketua PWI Sultra ini berharap agar semua pihak mendorong suksesnya program Bangun Kesejahteraan Masyarakat (Bahteramas) yang merupakan program utama pemerintahan Gubernur Nur Alam. Program Bahteramas meliputi pendidikan gratis, kesehatan gratis dan pemberian bantuan block grant 100 juta bagi 1909 desa dan kelurahan di Sultra. “Kita juga harus jernih melihat pelaksanaan program yang baru efektif dilaksanakan pasca penetapan APBD P tahun 2008, beberapa pekan lalu. Meski dihadapkan dengan mepednya waktu, namun Pemrov Sultra terus berupaya maksimal untuk menyukseskan kegiatan ini, karena ini sudah menjadi kebijakan pembangunan di daerah ini,” katanya.

Untuk penyaluran block grant tahun ini memang baru dialokasikan Rp 40 juta per desa dan kelurahan. Daya serap anggaran dan waktu yang kasif menjadi pertimbangan penetapan anggaran dimaksud. Namun, tahun anggarang 2009 nantinya, pemberian block grant akan dikucurkan Rp 100 juta bagi desa dan kelurahan. Penyalurannya nantinya akan dilakukan empat tahapan.

Suksesnya program utama Bahteramas ini memang menjadi perhatian khusus Gubernur Nur Alam, karena merupakan realisasi dari kampanye yang disampaikannya kepada publik saat Pilkada Gubernur, 2007 lalu. Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga sangat merespon dan memberikan dukungan terhadap program Bahteramamas ini. Saat berkunjung di Sultra, September 2007 lalu, SBY memuju program Bahteramas. “Bahteramas semoga membawa masyarakat Sultra dengan laju kedepan, mengarungi samudra, untuk menjemput masa depan yang penuh keemasan,” katanya. (wal)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s