ADB Pinjamani USD 280 Juta Untuk Perbaiki Infrastruktur

Jakarta, KP

Bank Pembangunan Asia (ADB) menyediakan pinjaman tambahan sebesar USD 280 juta untuk mendukung reformasi sektor infrastruktur di Indonesia. Utang itu diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kesenjangan.

Tambahan utang tersebut diumumkan dalam siaran pers ADB dari Manila, kemarin. Pinjaman ini akan mendanai subprogram kedua dari tiga subprogram di bawah Program Reformasi Pembangunan Sektor Infrastruktur yang disetujui ADB pada 2006. Ini merupakan dana pinjaman komersial ADB dengan masa pengembalian 15 tahun, termasuk masa tenggang tiga tahun.

Program ini juga untuk mendorong partisipasi sektor swasta dalam mempercepat pembangunan infrastruktur. Juga, membantu memperbaiki iklim investasi dengan menghilangkan hambatan ketiadaan infrastruktur serta meningkatkan akses pelayanan infrastruktur.

Utang ini juga diharapkan membantu Indonesia memperbaiki kebijakan, undang-undang dan lembaga yang diperlukan untuk menarik investasi swasta dalam skala besar di sektor infrastruktur. Juga memperjelas peran dan tanggung jawab lembaga-lembaga pemerintah pusat dan daerah.

“Permintaan dalam negeri dan investasi swasta selama ini menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi. Kemajuan yang dicapai Indonesia menjadi lebih besar lagi jika mengingat bahwa Indonesia harus menghadapi berbagai bencana alam termasuk tsunami pada tahun 2004,” kata Rehan Kausar, staf urusan infrastruktur di Departemen Asia Tenggara ADB.

Pemerintah Indonesia memperkirakan kebutuhan investasi infrastruktur senilai USD 65 miliar dari tahun 2005-2009. Dana itu akan dipenuhi dari APBN sebesar USD 25 miliar. Lalu, USD 14 miliar dari bank-bank di dalam negeri, dana asuransi dan pensiun, serta USD 10 miliar dari lembaga bilateral dan multilateral, dan USD 16 miliar dari sektor swasta.(sof/fan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s