Awalnya Iseng, Kini Menjanjikan

kmd-mbaidoWanggudu, KP

Penampilannya sederhana dan pemalu. Dia bukan sarjana atau pernah ikut pelatihan. Tapi urusan budidaya rumput laut, nama Mbaido begitu dikenal di Kecamatan Molawe dan Lasolo. Ketika berdialog dengan Pj Bupati Konut Aswad Sulaiman P, lelaki berusia 40 tahun itu memilih berteduh di bawah pohon. Padahal ada tenda yang dipersiapkan dan waktu untuk menumpahkan pendapat serta menyampaikan keinginannya, tapi tidak dimanfaatkan.

Menurut Mbaido, ilmu budidaya rumput laut diperoleh dari pengalaman di Desa Lemo Bajo, Kecamatan Lasolo. Tuntutan biaya hidup yang begitu tinggi memaksa dia harus belajar dan banting setir dari nelayan menjadi pembudidaya rumput laut. “Ikan sekarang susah didapat Pak. Apalagi bagang rambo dari Sulawesi Selatan masuk diperairan Lasolo. Jadi, kami yang menggunakan cara manual tidak bisa bersaing mendapatkan ikan,” katanya.

Hal serupa diakui H Maya Sudrajat, nelayan yang memiliki tujuh unit kapal dan mempekerjakan sekitar 70  karyawan. Sejak nelayan luar masuk di perairan Lasolo, hanya kerugian yang didapat jika berani melaut. Alasannya, jaring yang digunakan nelayan luar mencapai 45 depa kedalaman laut, sedangkan nelayan lokal hanya 30 depa saja.

Kondisi itulah yang membuat Mbaido mencoba membuka lahan di perairan Pulau Bawulu sekitar Agustus tahun 2005. Pria yang sudah dikarunia tiga anak itu bercerita jika awalnya dirinya hanya iseng saja. “Tapi karena menjanjikan maka saya menekuninya,”katanya.

Dari hasil kerjanya itu, dia mampu menyekolahkan anaknya. Kini, orang-orang sekitarnya mengikuti jejak Mbaido. Lahan yang terbuka di perairan Pulau Bawulu sudah 57 hektar dengan jumlah pemilik 70 Kepala Keluarga (KK). Para pembudidaya itu dibagi menjadi lima kelompok. (awa/cok)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s