Kalla: I’m The Real Vice President

Jakarta, KP

Wakil Presiden Jusuf Kalla jengah dengan komentar mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Syafii Maarif yang menyatakan dirinya the real president atau presiden sejati. Dia menilai dirinya hanya menjalankan tugas sesuai arahan presiden, sehingga hanya layak disebut sebagai the real vice president atau wakil presiden sejati.

“Lebih tepat kalau saya dinilai the real vice president. Karena UUD 1945 mengatakan, Wapres bertugas membantu presiden dalam menjalankan kekuasaan pemerintahan. Jadi, justru sangat salah kalau Wapres tidak bekerja,” ujar Kalla dalam keterangan pers di Istana Wakil Presiden kemarin (28/11).

Meski tampak dominan mengerjakan tugas-tugas pemerintahan, Jusuf Kalla menegaskan seluruh pekerjaannya hanya menjalankan perintah presiden. “Apa yang saya jalankan betul-betul hanya menjalankan sesuai dengan arahan dan keputusan presiden, juga sesuai dengan kesepakatan dengan presiden tentang langkah-langkah yang harus dijalankan. Tidak ada yang berlebihan,” tegas dia.

Meski demikian, Kalla mengakui cara-cara yang dia gunakan tidak selalu sama dengan cara-cara yang dilakukan presiden dalam menyikapi satu persoalan. Artinya, presiden memberikan arahan, Wapres yang mengerjakan detilnya agar keputusan presiden berjalan di lapangan.

“Mungkin hanya beda caranya saja, karena karakter susah untuk diubah. Tapi hasil akhirnya untuk membantu presiden menjalankan pemerintahan,” paparnya.

Dia mencontohkan, keberhasilan proses perdamaian di Aceh merupakan keputusan presiden untuk menciptakan perdamaian total di Aceh. Keputusan tersebut juga ditetapkan dalam sidang kabinet. Dalam pelaksanaannya, Kalla yang lebih banyak berperan mendekati tokoh-tokoh GAM dan menyelesaikan seluruh masalah teknis perundingan.

“Artinya, saya hanya menjalankan tugas presiden. Justru salah kalau saya tidak mengerjakan tugas apa pun untuk membantu presiden. Bahwa Pak Syafii punya penilaian lain, saya tidak bisa berkata apa-apa,” elaknya. (noe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s