Kondisi Bank Century Makin Membaik

Jakarta, KP

Manajemen baru Bank Century memastikan, rasio kecukupan modalnya atau capital adequacy ratio (CAR) aman karena sudah mencapai delapan persen sesuai persyaratan Bank Indonesia (BI). Sebelum diambil-alih LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), CAR Bank Century minus 2,3 persen.

”Sekarang CAR kita delapan persen setelah LPS memasukkan dananya,” ujar Dirut Bank Century Maryono setelah pertemuan dengan nasabah di Hotel Atlet Century, Jakarta, kemarin. Berdasar peraturan, kata dia, LPS berkewajiban memperbaiki rasio kecukupan modal bank yang ditangani hingga mencapai 10 persen.

Bank Century kemarin mengadakan pertemuan dengan para nasabah, terutama korporat, untuk menjelaskan kondisi terkininya yang membaik lagi setelah diambil-alih LPS sejak 21 November lalu.

Kepada para nasabah, Maryono menjelaskan, tim yang dipimpinnya melakukan langkah strategis untuk meningkatkan pengelolaaan bank. Sejak beroperasi lagi, perkembangan Bank Century cukup baik. Transaksi dana pada hari pertama yang berasal dari LLG (Lalu Lintas Giro), RTGS (Real Time Gross Settlement), Kliring maupun tarikan tunai mencapai 784 transaksi. Di hari kedua, terjadi 360 transaksi. ”Nilainya nggak bisa saya sebutkan karena ada hal-hal yang harus tetap kita rahasiakan,” tuturnya.

Giro wajib minimum (GWM) Bank Century juga membaik menjadi di atas lima persen. Maryono lagi-lagi enggan menyebutkan nilainya. Lantas, BI akan melakukan uji tuntas (due diligence) atas seluruh aset yang dimilikinya untuk mencari aset-aset tidak jelas.

”BI sedang meneliti. Akan ada due diligence atas semua aset produktif, surat utang yang tidak jelas. Itu baru ketahuan setelah audit yang dilakukan oleh BI dan due diligence yang kita lakukan,” terangnya.

Menurut dia, due diligence makan waktu sekitar 1-2 bulan. Tapi, dia berharap dapat diselesaikan dalam waktu secepatnya. Dia berharap minggu ini hasilnya sudah akan keluar. ”Kita sudah bentuk tim yang menangani segala aspek terkait dengan penanganan bank, yang disebut bussines command center. Unit ini bertugas dalam beberapa area penting, seperti likuiditas atau penanganan nasabah,” jelasnya. (wir/dwi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s