Minim Penerimaan Pajak Sultra

Kendari, KP

Hingga akhir November realisasi penerimaan pajak wilayah Sulseltra baru 80 persen dari target Rp 4, 5 triliun. “Dari jumlah yang ada perolehan dari Sultra masih minim dibandingkan Sulsel. Padahal Sultra potensi pajaknya bagus. Banyak sumber tambang dan objek pajak yang bisa digarap, tapi perolehan pajaknya masih kurang sesuai dengan objek yang ada,” ujar Kepala Kanwil Pajak Sulawesi Selatan dan Tenggara (Sulseltra), Edi Setiadi usai membuka sosialisasi moderenisasi administrasi perpajakan di kantor pelayanan pajak (KPP) Kendari, kemarin.

Menurut Edi, dalam penarikan pajak banyak sekali kendala, seperti  insfratruktur yang ada dan terbatasnya tenaga SDM. Khususnya wilayah yang sulit dijangkau seperti di areal penggalian tambang. Padahal,  di lokasi tersebut banyak sumber pajak yang bisa digarap.  “Seharusnya  dalam penagihan pajak, KPP bisa bekerjasama dengan pemda, khususnya Dispenda selaku instansi teknis,” ujarnya.

Dikatakan, jika perolehan pajak besar tentunya  peningkatan pembangunan akan besar. Selama ini APBD pada setiap daerah selalu disubsisidi oleh pusat sekitar 70 persen. Sementara perolehan dari  PAD dan pajak perolehan bagi hasil  hanya 30 persen. “Makanya kita harus meningkatkan perolehan pajak, itulah sumber pembangunan kita saat ini,”  paparnya.

Dikatakan, kalau sebelumnya APBN banyak diperoleh dari penjualan migas. Namun saat ini Indonesia telah keluar dari OPEC, justru Indonesia  menjadi negara pengimpor migas. Sudah pasti salah satu sumber perolehan APBN  terbesar adalah pajak.  Untuk itu pihak lain harus berkontribusi dalam pengumpulan pajak dan menyadarkan wajib pajak akan membayar  pajak. Dengan dimudahkannya sistem layanan menjadi lebih modern tentunya akan menignkatkan perolehan pajak.

Adi menghimbau kepada WP  jika menemukan petugas pajak, yang nakal kiranya melaporkan ke pihak KPP. “Saat ini kita tidak menerima uang, namun dana di stor ke bank. KPP hanya menerima bukti setoran pajak. Kalau ada petugas yang macam-macam laporkan saja,” tambahnya. Hanya saja Edi enggan merinci jumlah penerimaan pajak khusus Sultra. (lis/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s