Primadona Baru Bernama Rumput Laut

Pj Bupati Konut, Aswad Sulaiman P mengangkat rumput laut saat panen raya di Pulau Bawulu, Sabtu (09/11) lalu.Wanggudu, KP

Sebelum ditemukannya emas di Kabupaten Bombana, daerah tambang sempat dinisbahkan di Konawe Utara (Konut). Wilayah yang pemekaran dari Konawe itu diyakini Bupati Konawe Lukman Abunawas akan lebih cepat maju dibanding Konawe Selatan (Konsel) yang sama-sama mekar dari Konawe ketika hadir pada acara di Lapangan Wanggudu beberapa waktu lalu.

Menurut Lukman, sumber daya alam yang terkandung di Konut jika dikelola dengan baik akan mempercepat laju pembangunan. Bukan saja pertambangan, tapi potensi perkebunan sawit juga menjadi sumber pendapatan daerah.

Pj Bupati Konut, Aswad Sulaiman P sendiri mengaku, kini telah ada 70 perusahaan tambang di wilayah yang dipimpinnya. Bahkan, PT Antam Tbk bekerjasama dengan mengandeng Jindal akan membangun pabrik stainless steel slabs atau stainless steellong products. Secara langsung, perekonomian masyarakat akan meningkat seiring dengan banyaknya karyawan yang dipekerjakan.

Namun, Pemkab Konut tidak berharap sepenuhnya kepada bidang pertambangan. Alasannya, tidak ada jaminan bahwa para investor bisa bertahan lama karena bijih logam yang ditambang sangat terbatas.

Kedepan, kata orang nomor satu di Konut itu pembudidayaan rumput laut tidak sebatas sebagai produsen, dikeringkan lalu di jual ke daerah lain, tapi akan menitik beratkan pada pembuatan agar-agar dan produk makanan dari rumput laut.

Rencana itu rupanya mendapat respon dari DPRD Konawe Utara. Ketua DPRD Konut, Ruksamin yang hadir bersama dengan para ketua komisinya  berujar, lembaganya akan merestui jika itu memang lebih menjanjikan.

“Kita akan lihat perkembangannya, dan perhatian kita saat ini menjadikan rumput laut sebagai ikon baru bagi Konut. Jadi bukan saja pembudidaya rumput laut tetapi  industri-industri pembuatan agar-agar, kembang gula, dan makanan yang terbuat dari rumput laut akan coba dikembangkan,” katanya. (awa/cok)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s