100 Juta Pohon Atasi Kerusakan Hutan

Andoolo,KP

Kerusakan hutan kian memprihatinkan akibat pembalakan liar. Perambahan secara besar-besaran akan menimbulkan bahaya bagi kehidupan manusia. Untuk mencegah semakin rusaknya hutan dan lingkungan, pemerintah melakukan berbagai langkah, termasuk  pencanangan penanaman 100 juta pohon yang diamanatkan presiden. Di Konsel sendiri,  telah dilakukan berbagai penanggulangan, mulai dari pemberhentian izin pengelolaan hutan, hingga mengikuti ”titah” presiden  melakukan penanaman pohon secara serentak.

Pencanangan penanaman 100 juta pohon di Konawe Selatan di launching Wakil Bupati Konsel, Sutoardjo Pondiu di dampingi Sekkab, Rustam Silondae, Kadis Kehutanan Muhlis, Wakil Ketua DPRD, Ridwan Mangidi bersama dan sejumlah pejabat Konsel serta unsur Muspida. Penanaman 100 juta pohon di kompleks perkantoran Bupati di Andoolo dengan melibatkan berbagai unsur tersebut adalah tindak lanjut pencanangan aksi sejuta pohon di kawasan perkantoran Camat Andoolo, November tahun lalu.  “Penanaman ini jangan hanya dijadikan seremoni saja, tetapi terus berkesinambungan,” ujar Sutoardjo Pondiu dalam acara tersebut, akhir pekan lalu.

Konsel-2 ini merinci pada kesempatan pencanangan penanaman, dinas kehutanan menyiapkan anakan pohon dari berbagi jenis seperti 12 ribu pohon jati, mahoni 13 ribu, sengon 11 ribu pohon, kemiri 5 ribu, trembesi 500, dan tanjung 1000 pohon. ” Yang ditanam secara serentak ini dilokasikan di kompleks perkantoran Bupati Konsel dan sekitarnya sebanyak 42.500 pohon dengan luas lahan 20 hektar, ” sambung Sutoardjo.

Usai mencanangkan, Suami Hj Endang pertiwi itu langsung melakukan penanaman pohon. “Pohon ini diharapkan tiga tahun kedepan sudah tinggi dan besar, Karena itu diperlukan pemeliharaan kontinyu. Jangan hari ini ditanam, besoknya kita sudah lihat layu dan tidak tumbuh lagi. Dinas terkait, khusus kehutanan dan badan lingkungan hidup agar menjaga dan melakukan pemeliharaan dengan baik,”perintahnya. (era/cok)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s