Kursus Pelatih Cegah Kesenjangan

Kendari, KP

Kurangnya personil pembina dan pelatih kepramukaan menimbulkan kesenjangan, sehingga Kwartir Daerah (Kwarda)  Sultra mencari solusi yang tepat sasaran.  Kursus  pelatih pembina pramuka tingkat dasar (KPD) bekerja sama dengan Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka diharap akan dapat meningkatkan kualitas pembinaan dan pengembangan kepramukaan di Sultra.

Menurut Sekjend Kwarnas Pramuka, dr Joedyaningsih, di hadapan peserta pada hari Minggu (30/11), bahwa kursus  pertama kali yang diregionalisasikan dan  secara serempak di  Sultra, Sulsel, Kalbar, Papua Barat dan Banten. “Setelah lulus kursus, peserta harus tetap aktif sebagai pembina dan berada di gugus depan, karena seorang pelatih dikatakan berhasil jika tetap konsisten  di gugus depan,” terangnya.

Harus selalu merealisasikan tugas dan tanggungjawab kepramukaan melalui bakti sosial dan mempersembahkan ide-ide yang mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapi bagi lingkungan sekitar dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Ketua Kwarda Pramuka Sultra, Drs Mashur Masie Abunawas MSi, mengatakan, kursus  penting dan strategis dalam pengembangan pembinaan  kepramukaan. Alasannya, meski  kegiatan kepramukaan berkembang pesat dan mendapat perhatian  dari pemerintah dan masyarakat, kepramukaan Sultra masih  kekurangan pelatih. “Mudah-mudahan dengan kursus ini, kegiatan kepramukaan Sultra lebih meningkat lagi,” harapnya.

Sementara, ketua panitia kursus, Drs Suleman, mengungkapkan, peserta kegiatan berasal dari  Sultra 30 orang dan Sulteng 20 orang. “Kursus akan  menjaga kesenjangan antara pembina dan pelatih, karena jumlah dua komponen kepramukaan itu yang tak memadai. Kursus  mulai dilaksanakan (30/11) hingga (7/12), dengan melibatkan pelatih nasional. Selain penyajian teori di ruangan,  akan dilakukan perkemahan,” katanya.

Ketua Lembaga Pendidikan Kader Gerakan Pramuka Sultra itu menjelaskan, kepramukaan  saat ini kekurangan pelatih,  kursus ini sangat berguna bagi pengembangan pramuka. Kursus yang digelar ini merupakan jenjang kualifikasi yang diikuti pelatih.  (cr5)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s