PR Buat KPU, Pemilih Belum Tahu Kapan Pemilu

Jakarta, KP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih memiliki pekerjaan rumah yang banyak terkait dengan sosialisasi pemilu. Sebab, hingga lima bulan menjelang pemilu, sejumlah pemilih ternyata belum mengetahui tanggal pemungutan suara pada 9 April 2009.

Hal tersebut tergambar saat KPU melakukan simulasi pemungutan suara di TPS yang dibangun di halaman Kantor KPU Jakarta di Pejambon kemarin. ”Saya nggak tahu tanggalnya kapan pemilu itu,” ujar Audrey, 19, mahasiswi yang ikut simulasi tersebut.

Pengetahuan ibu-ibu tentang pemilu lebih ”parah”. Misalnya, Jumini, 51, mengaku tidak tahu sama sekali tentang penyelenggaraan pemilu. Para lansia justru menganggap simulasi itu sudah pemilu sesungguhnya. ”Lah kalau yang seperti ini bukannya sudah pemilu,” ujar Sri Wuhni, lansia berusia 69 tahun.

Ketua Pokja Surat Suara KPU Andi Nurpati menyatakan, simulasi tersebut merupakan yang pertama dilakukan setelah KPU menetapkan Peraturan Nomor 35 Tahun 2008 tentang Tata Cara Pemungutan Suara. Total jumlah pemilih yang berpartisipasi dalam simulasi tersebut mencapai 480 orang. ”Pemilih ini sudah berbasis TPS,” kata Andi.

Terkait dengan masih adanya sejumlah pemilih yang belum tahu pelaksanaan pemilu, Andi memaklumi hal tersebut. Menurut dia, simulasi itu ditujukan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman masyarakat terhadap pemilu. ”Pada kesempatan ini, kami sekaligus melakukan sosialisasi,” jelasnya.

Dia menambahkan, ada hal yang berbeda dalam simulasi kali ini. Selain menggunakan surat suara yang sudah ditetapkan, rekapitulasi surat suara dipercepat, yakni dimulai pukul 12.00. Menurut Andi, sesuai peraturan KPU tersebut, rekapitulasi bisa langsung dilakukan setelah pemungutan suara selesai. ”Itu demi menghemat waktu rekapitulasi yang terlalu lama,” tegasnya.

Berdasar pantauan Jawa Pos, masih banyak ditemukan pemilih yang mengalami kesulitan melipat surat suara jumbo yang berukuran 54 x 84 cm tersebut.(bay)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s