PSK Diberi Penyuluhan Kesehatan

Kendari, KP

LSM Mitra Perempuan, bersama Dinas Sosial Provinsi punya cara tersendiri memaknai rangkaian peringatan hari Aids sedunia yang selalu diperingati 1 Desember. Dikoordinir Hj Aminah Rauf, Direktur Mitra Perempuan, NGO yang konsen dalam aksi sosial ini memberi penyuluhan kesehatan bagi puluhan PSK, di seputaran P2ID, kemarin (30/11).

Bertempat di kediaman ketua RW 05, Kelurahan Kadia, puluhan PSK mendapat wejangan khusus perihal dari aktivitas mereka yang disampaikan dr Nicolas Duma, Kepala Puskesmas Jati Raya, dan psikolog kenamaan Nurhaerani Haeba.

Dalam pemaparannya Nicolas menguraikan HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan virus penyebab AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) yaitu kumpulan gejala penyakit yang timbul akibat menurunnya kekebalan tubuh.

Faktor penyebab tingginya prevalensi HIV/AIDS di Indonesia, antara lain karena kemiskinan, tingginya mobilitas penduduk, rendahnya tingkat pendidikan, perilaku tidak sehat, suburnya industri seks, penggunaan bersama jarum suntik di kalangan pecandu narkotika, kurangnya akses pelayanan kesehatan, serta lemahnya aturan dan penegakan hukum.

“Sering bergonta-ganti pasangan merupakan profesi yang paling beresiko. Apalagi HIV nanti lima tahun kemudian nampak mulai menyerang sistem kekebalan tubuh,” terang Kepala Puskesmas Jati Raya ini.

Nurhaerani Haeba, psikolog asal Rumah Sakit Jiwa Kendari mengutarakan kecenderungan perempuan menekuni profesi ini lazimnya dilatar belakangi oleh dorongan faktor ekonomi, dan keluarga yang berantakan.

Untuk itu langkah preventif yang bakal diambil melalui terapy konseling secara teratur agar penyakit masyarakat ini dapat ditanggulangi bersama. “Kita berupaya merubah pola pikir mereka, dari negatif ke arah yang positif,” tutur wanita berkerudung ini.

Hj Aminah Rauf, Direktur Mitra Perempuan mengatakan jika dikorelasikan dengan Teori Fenomena Gunung Es, bahwa jumlah yang terdata hanyalah sebagian kecil yang muncul pada permukaan. “PSK di tempat ini dominasi kaum pendatang,” katanya.

Di Kadia sendiri terkonsentrasi pada beberapa titik, tetapi umumnya mereka (PSK) tidak menetap. Mitra Perempuan sendiri tambah Aminah baru kali pertama melakukan penyuluhan PSK. Kedepan pembinaan tersebut akan terus dilakukan sebagai program berkelanjutan.(cr4)

One thought on “PSK Diberi Penyuluhan Kesehatan

  1. Saya tertarik dengan berbagai aktifitas psikolog Nurhaerani haeba terutama dengan aktifitas sosialnya. Saya pingin kontak langsung dengan beliau. Bisakah saya diberi nama nomor kontak email yang bisa dihubungi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s