Religiusitas Pengaruhi Umur Panjang

Banyak yang mengatakan, usia senja adalah momentum untuk makin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Pernyataan tersebut memang tak sepenuhnya salah. Sebab, selain memberikan rasa tenang, banyak menghadiri acara keagamaan bisa memperpanjang usia.

Benarkah? Itu adalah hasil studi terbaru yang dilakukan para peneliti dari Yeshiva University’s Albert Einstein College of Medicine. Studi yang dipaparkan dalam jurnal Psychology and Health tersebut menyebutkan, perempuan lansia yang rutin menghadiri acara keagamaan memiliki usia lebih panjang sebesar 20 persen.

Untuk sampai pada hipotesis tersebut, para peneliti mengevaluasi 92.395 wanita posmenopause berusia 50-79 tahun dari pelbagai aliran agama. Setelah terkumpul, para peneliti lantas mengamati kegiatan rutin keagamaan mereka. Seberapa nyaman mereka berada di lingkungan agamis tersebut serta kondisi kesehatan mereka.

Sebelumnya, para peneliti melakukan penyesuaian untuk mengetahui faktor risiko, seperti usia dan riwayat kesehatan. Berdasar pengamatan tersebut diketahui bahwa pengelolaan keagamaan menciptakan jaringan sosial yang patuh dan membuat kondisi lebih baik.

Wanita yang menghadiri pelayanan agama sedikitnya satu kali seminggu, ternyata, mengalami penurunan risiko kematian 20 persen dibandingkan dengan yang tidak menghadiri kegiatan keagamaan.

”Perlindungan kematian oleh agama ini tidak sepenuhnya. Tetapi, juga ditunjang peningkatan faktor lain, seperti dukungan sosial, teman, keluarga, dan gaya hidup dengan mengurangi kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol,”’jelas Profesor Eliezer Schnall, pemimpin penelitian sekaligus penulis jurnal tersebut.

Selain kegiatan keagamaan, memang masih banyak faktor lain yang membuat orang berpotensi memiliki usia yang lebih panjang. Gaya hidup, lanjut Schnall, termasuk memegang peran yang sangat besar. “Mereka yang bergaya hidup sehat tentu risiko kematiannya makin kecil dibanding yang tidak,” katanya. (webMed/ign/ayi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s