Aset USN akan Diaudit Akuntan Publik

Kolaka, KP

Universitas 19 November (USN) Kolaka yang berada di bawah naungan Yayasan Pembangunan Pendidikan Indonesia Kolaka (YAPPIKA) sepakat bekerjasama dengan PT Hari dan Kawan, sebuah lembaga akuntan publik yang berkedudukan di Makassar. Lembaga tersebut akan mengaudit aset yang dimiliki perguruan tinggi swasta satu-satunya di Kolaka ini.

“Rencana penandatanganan kerjasama antara pihak USN dengan PT Hari dan Kawan akan dilaksanakan Senin, 1 Desember 2008. Lembaga akuntan publik  akan bekerja sekitar tiga bulan lamanya untuk mengaudit seluruh aset USN,” kata Azhari, S.STP, MSi, Rektor USN saat ditemui pekan lalu.

Tujuan audit ini untuk memeriksa atau menghitung aset yang dimiliki yayasan USN dan Pemda Kolaka. Hasil auditnya nanti akan dipublikasikan secara terbuka dan seluruh masyarakat dapat melihatnya. “Era transparansi, kita harus sampaikan kepada masyarakat soal perkembangan USN,” ujar ketua alumni STPDN Sultra ini.

Keberanian USN mengajak akutan publik untuk melakukan audit merupakan keputusan senat akademik nomor 07/SA-USN/PP/IX/2008, tanggal 27 September lalu yang dihadiri 21 orang. Dalam rapat tersebut diputuskan bahwa secara administratif aset USN akan diklarifikasi menjadi  aset yayasan dan aset Pemkab Kolaka. Aset yang dimiliki Pemkab Kolaka tetap merupakan kekayaan daerah yang dipisahkan jumlah, nilai dan jenis barang yang akan diputuskan saat  verifikasi akuntan.

Diktum keputusan lain rapat senat tersebut yaitu dalam hal pengalihan dan penetapan aset Pemda Kolaka kepada USN dapat dilakukan melalui Pengadilan Negeri Kolaka dengan ketentuan dihibahkan atau dibayar/dibeli. “Jadi kalau ada keinginan memisahkan aset USN dengan Pemda, harus melalui keputusan hakim Pengadilan Negeri Kolaka. Misalnya aset Pemda Kolaka kalau dihibahkan ke USN, tentu kami bersyukur. Namun kalau juga mau dipisahkan dengan cara membeli, pendiri yayasan akan membayarnya sesuai kesepakatan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Bila terjadi pertentangan hukum dalam penentuan status aset yang tidak dapat dijembatani, maka Senat Akademik USN merekomendasikan Dewan Pembina Yayasan untuk mengalihkan domisili kampus induk USN ke tempat lain atau kampus II di Lasusua, Kolaka Utara. “Tapi kami berharap ini tidak terjadi, karena banyak pihak yang akan merasa dirugikan, terutama bagi mahasiswa,” katanya.

Selain masalah penentuan aset, dewan pembina YAPPIKA juga menyatakan menerima dan menghargai kinerja manajemen pimpinan USN beserta unsur akademik sejak tahun 2004-2008 di bawah pimpinan Rektor Azhari, S.STP, MSi atas prestasinya dalam membesarkan aset Yayasan USN tanpa adanya keberatan dewan pembina YAPPIKA.

Rapat dewan pembina dihadiri Drs H Muhamadong Maddapy MSi sebagai ketua dewan pembina dengan anggota H Nurung, H Baso Lewa, Drs H Zainal Abidin R. Anggota lainnya yang hadir adalah Drs H Hamsuddin Sanusi MM, Drs Buhari Matta MSI ketua harian dan Azhari SSTP M Si.

“Alhamdulillah kinerja saya bersama dosen dan pegawai lain selama ini diterima dengan baik oleh dewan pembina yayasan. Ini merupakan langkah yang baik untuk membesarkan USN ke depan,” ujarnya.

Didatangi Badan Akreditasi Nasional

USN juga didatangi tim dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Jakarta dipimpin DR Falid. Tim  bekerja selama tiga hari  (1 s.d 3/12) untuk melakukan penilaian.  Hasil penilaian bisa diperoleh setelah dua bulan akan datang.

Akreditasi  bukan untuk memberi penilaian legal atau ilegal keberadaan USN. “Jangan disalahartikan bahwa BAN-PT sebagai penilai resmi atau tidak, tapi merupakan  upaya pemeringkatan terhadap fakultas sudah punya alumni.  FKIP yang sudah punya alumni. Fakultas lain belum ada karena baru terbentuk,” jelas Azhari via telepon tadi malam.

Adanya pihak yang mempermasalahkan bahwa alumni USN tidak bisa mendaftar sebagai CPNS karena belum terakreditasi akan salah kaprah. Sebab persyaratan pendaftaran  tidak ada item yang menyatakan harus terakreditasi. Lagi pula akreditasi itu hanya bagian dari penilaian kelengkapan dana manajemen perguruan tinggi.

“USN sudah punya izin operasional perguruan tinggi yang dikeluarkan Mendiknas. Keberadaan USN sah dan diakui  negara,” jelasnya. (sta)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s