Contreng Lebih Satu Kali, Tidak Sah

Kendari, KP

Para pemilih di Pemilu 2009 harus lebih cermat menyalurkan pilihannya, terutama dalam memberi tanda pilihan di surat suara. Anggota KPU Sultra, Eka Suaib mengungkapkan, surat suara hanya sah jika dicontreng sekali. Lebih dari itu dinyatakan batal.

Pria yang juga dosen FISIP Unhalu ini menjelaskan, surat suara anggota DPR/DPRD dinyatakan sah apabila, pilihan diberi dengan tanda centang (v). Pemberian tanda tersebut, dilakukan hanya satu kali pada kolom nama partai atau kolom nomor calon atau kolom nama calon anggota DPR/DPRD. “Kalau pemberian tanda lebih satu kali, dinyatakan tidak sah,” katanya.

Surat suara juga dinyatakan sah, jika sudut tanda centang terdapat di dalam kolom nama partai politik, nomor calon atau nama calon, walaupun ujung garis tanda centang melewati garis kolom nama partai politik, nomor calon atau nama calon. Sedang untuk surat suara calon anggota DPD, suara dinyatakan sah jika pemberian tanda centang dilakukan hanya satu kali pada kolom foto salah satu calon anggota DPD.

Eka menambahkan, surat suara juga dianggap sah jika tercoblos. Namun, coblosan itu juga hanya sah jika dilakukan sekali. “KPU memahami bahwa masih banyak masyarakat yang terbiasa memilih dengan cara mencoblos. Inilah alasan mengapa jika surat suara tercoblos, masih dianggap sah. Namun, kami akan intensif bersosialisasi agar keseluruhan pemilih bisa memilih dengan pemberian tanda centang,” jelas peraih gelar doktor politik ini. Dia mengatakan, mulai pekan depan, KPU Sultra akan mulai turun ke daerah-daerah untuk mengsosialisasikan tata cara memilih di Pemilu 2009. (cr6/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s