Disporabudpar Kendari Selenggarakan Pelatihan

Kendari, KP

Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisawata (Disporabudpar) Kota Kendari selenggarakan pelatihan kepemimpinan  pemuda di aula SMKN 3 Kendari tanggal 29 s.d 30 November 2008 yang  diikuti perwakilan siswa SMA, guru dan organisasi kepemudaan.  Diharapkan dapat menciptakan generasi muda khususnya warga Kota Kendari agar lebih kreatif dan inovatif. Pemanfaatan kesempatan dalam berprestasi baik bidang akademik maupun non akademik menjadi konsep yang dikembangkan.

Pelatihan kepemimpinan itu resmi dibuka Wakil Walikota Kendari, H. Musadar Mappasomba didampingi Kadis Porabudpar Kota Kendari, Drs Ashar MM, Kabid Pemuda dan Olahraga, Drs Hasyim, Kasi Pemuda dan olahraga Aksan P, S Pd M Pd dan Kepala SMKN 3 Kendari, Drs Muhsin Muin.

Uniknya, kehadiran Wawali Kendari bukan sekadar membuka materi kepemimpinan itu, namun cukup apresiatif dalam memberikan terapi spritual bagi peserta. Musadar Mappasomba mengungkapkan, masa muda merupakan masa yang paling ideal dalam menuai prestasi. Pasalnya, kemampuan berpikir, inovasi dan kreativitas sangat tinggi yang didukung dengan kemampuan fisik yang terbilang masih kuat.

“Kesuksesan masa depan sangat ditentukan oleh prinsip dan perilaku masa muda. Ketika kita mampu memanajemen waktu muda dalam mengukir berbagai prestasi, lebih kreatif dan inovatif, maka akan berdampak pada keberhasilan di masa mendatang,” ujar pasangan Asrun itu saat membawakan materi pelatihan kepemimpinan pemuda, akhir pekan lalu.

Kesalahan  memilih teman bergaul, lanjutnya, akan merusak masa depan. Wadah untuk mengenali dan menemukan jati diri sangat ditentukan oleh lingkungan pergaulan para pemuda. Tak sedikit generasi muda yang harus terjerumus dalam langkah yang salah karena terinfeksi perilaku persahabatan yang salah. Tak sedikit dari mereka harus diperbudak oleh narkotika dan minuman keras.

“Kita harus mampu memberdayakan  potensi yang dimiliki manusia yakni nalar sebagai dasar untuk berpikir, kemampuan mengatur dan mengelola naluri atau kecerdasan emosional, serta kematangan dalam memahami dan mengembangkan pengenalan nurani atau kecerdasan spritual. Jika ini sudah mampu kita kembangkan, insya Allah, cukup mendukung kesuksesan masa depan,” imbaunya. (cr3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s