DPN PIB Perintahkan Tarik Calon PAW Punardin

Andoolo, KP

Usulan DPC PPIB Konsel calon PAW Punardin yang diajukan di DPRD Konsel yakni Vence Rompas BE mendapat ganjalan dari Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PPIB. Pasalnya, calon yang diajukan DPD PPIB Sultra dan DPC bukan caleg PPIB periode 2004-2009, sehingga DPN memerintahkan ke DPC PPIB melalui surat DPN bernomor 116/XI/SRT-PPIB/2008/DPN untuk menarik surat yang diajukan ke DPRD Konsel harus ditarik kembali. Perintah penarikan surat usulan itu sesuai dengan AD/ART PPIB bahwa wewenang pemecatan dan penetapan PAW harus dilakukan oleh DPN.

Kabar penarikan usulan PAW Punardin dari keanggotaanya di DPRD Konsel itu dibenarkan salah satu pengrus PPIB Sultra Suddin Rendelangi.

Menurutnya pengusulan Vence Rompas sebagai PAW harus ditetapkan oleh DPN PPIB setelah DPC mengajukan bahwa yang bersangkutan adalah caleg PIB Konsel periode 2004-2009. ”Tapi setelah dilakukan verifikasi,  Vence itu bukan caleg PPIB periode sebelumnya. Karena itu DPN memerintahkan kepada DP untuk menarik surat usulan PAW yang sudah dilayangkan di DPRD Konsel,”ujar Suddin  via ponsel, kemarin.

Caleg PPIB Konsel tahun 2004-2009 dapil Konsel II itu mengaku, perintah DPN tentang penarikan surat pengajuan PAW di DPRD Konsel itu ditandatangani langsung oleh Ketua Umum DPN PPIB DR Kartini Syahrir dan Sekjend Drs Fachzenil. ”Surat itu selain ditujukan kepada DPC PPIB Konsel, juga di tembuskan di KPU Konsel. Artinya proses PAW Punardin yang diajukan oleh DPC sebelumnya harus diperbaiki kembali dan mengajukan calon PAW berdasarkan AD/ART PPIB,” tandasnya.

Begitu juga dengan Ruslan, Caleg PPIB DPRD Konsel periode 2004-2009 itu mengaku PAW yang diajukan DPD dan DPC PPIB dengan mengajukan Vence Rompas menyalahi aturan, karena itu DPCdan DPD harus mengajukan calon di nomor urut berikutnya setelah Punardin. Kalau di nomor selanjutnya sudah tidak ada yang aktif di PPIB. DPC harusnya mengajukan calon dari dapil terdekat di pencalonanan Punardin. ”Saya adalah salah satu celeg periode lalu, tetapi DPC justru tidak mengajukannya,”katanya kepada koran ini, kemarin.

Caleg PPIB Konsel dari Dapil III Itu mengatakan, dengan adanya surat perintah penarikan calon PAW Punardin di DPRD itu diharapkan DPC dan DPD untuk mengajukan calon PAW sesuai dengan aturan Partai. ”Tidak ada alasan PPIB untuk mengajukan yang bukan caleg PPIB periode sebelumnya, sehingga kader PPIB di legislatif Konsel dapat terisi, berhubung Punardin sudah pindah Partai dan maju sebagai Caleg melalui PKB di dapil Konsel IV,” pungkasnya. (era/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s