OKP Tetap Suarakan Musdalub .:. Meski “Pemecatan” Ketua KNPI Muna Dicabut

Kendari, KP

Langkah sejumlah OKP untuk menggelar Musdalub, tidak dapat ditawar-tawar lagi. Meskipun KNPI Sultra sudah mencabut SK penonaktifan Ketua KNPI Muna, Rusman Emba tapi masalah ternyata belum selesai. Sejumlah OKP tetap komit untuk membubarkan kepengurusan KNPI Sultra saat ini.

“Pencabutan SK penonaktifan Ketua KNPI Muna, tidak menghalangi niatan OKP untuk menggelar Musdalub, “ungkap Al Rahman, Ketua GM Gakari Sultra. Pasalnya, langkah KNPI Sultra mengeluarkan surat penonaktifan, pada dasarnya telah menyalahi konstitusi karena yang berwenang memberikan sanksi adalah DPP KNPI atas usul KNPI Sultra.

Ini pelanggaran konsitusi yang membuat KNPI tidak bermartabat lagi, sehingga layak dilakukan reposisi. Kemudian, kata Ketua KNPI Kendari itu, pencabutan SK  penonaktifan Ketua KNPI Muna hanya sekedar wacana saja, pasalnya tidak diikuti dengan SK pencabutan penonaktifan. “Kalau sudah dicabut, mana SK pencabutan. Jangan hanya penonaktifan saja yang ada SK-nya, “terang Ketua KNPI Kota Kendari itu.

Wakil Ketua Fokusmaker, Andi Puhu menilai keluarnya SK penonaktifan Ketua KNPI Muna, karena KNPI Sultra dibawa tekanan. Pasalnya Ketua KNPI pasti tahu aturan, bahwa yang berwenang memberikan sanksi adalah DPP KNPI.

Sementara itu, Sekertaris KNPI Muna, Subhan mengatakan KNPI Sultra agar tidak berwacana soal pencabutan SK penonaktifan Ketua KNPI Muna. Pasalnya, sampai saat ini KNPI Muna belum menerima SK pencabutan itu. “Jika sudah dicabut, mana SK pencabutannya, jangan hanya SK pemecatan yang langsung diterbitkan,” tanyanya.

Mantan Ketua Umum KEPPMI Makassar ini juga mengungkapkan, bahwa pencabutan SK penonaktifan tidak akan mempengaruhi penggalangan Musdalub karena pada dasarnya SK penonaktifan itu sejak awal memang tidak sah. “Kami tidak peduli, karena surat penonaktifan itu ilegal dari awalnya,” tandasnya.

Ketua KNPI Sultra, Zuumi Kudus saat dikonfirmasi via telepon mengatakan bahwa SK pencabutan penonaktifan Ketua KNPI Muna saat ini masih sementara dalam proses karena masih menunggu Sekertaris KNPI Sultra, Jumwal Saleh, yang saat ini sedang berada di Jakarta. “Pencabutan SK penonaktifan Ketua KNPI Muna telah diputuskan saat rapat pleno 27 November lalu, dan juga sesuai arahan dari Sekjen DPP KNPI,” terangnya.

Terkait langkah OKP, yang tetap menginginkan menggelar musyawarah. Zuumi, menyerahkan sepenuhnya kepada DPP KNPI, untuk menilai apakah layak dilakukan Musdalub atau tidak. “Musdalub bukan penyelesaian masalah, DPP tidak akan gegabah merestui hal itu. Pastinya akan melakukan telah, terkait kelayakan digelarnya Musdalub,” tandasnya.

Lanjutnya, untuk menyelesaikan persoalan ini, dibutuhkan kearifan antara KNPI Muna dan KNPI Sultra. “Mari kita diskusikan secara arif, KNPI Sultra siap membuka diri,” pungkasnya. (cr7)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s