PLN Kendari Beri Bantuan Rp 109 Juta .:. Luncurkan Program Bina Lingkungan

Kendari, KP

Meski dalam kondisi rugi, PLN cabang Kendari tetap memberikan perhatian besar kepada masyarakat kota Kendari. Kemarin sekitar 30 perwakilan masyarakat dari sejumlah kelurahan, tokoh masyarakat, agama dan kalangan pendidik menerima dana bantuan program Bina Lingkungan sebanyak Rp 109 juta. “Dana ini akan digunakan untuk peningkatan kebersihan, kesehatan, sanitasi serta pendidikan agar mereka peduli dilingkungannya di kota Kendari,” ujar Kepala PLN cabang Kendari Ir Fauzi Arubusman kemarin.

Selain peningkatan kesehatan program ini juga memberikan bantuan kepada masjid, olahraga, pembuatan subur bor hingga bak penampungan sampah. “Ini sebagai wujud kepedulian kami dalam memelihara lingkungan,” jelasnya.

Fauzi menyinggung pada 2010 nanti diperkirakan pembangkit tenaga uap (PLTU) 2x 10 mw di desa Nii, Tanasa, Kecamatan Soropia, Konawe diperkirakan sudah beroperasi. Dengan beroperasinya PLTU tersebut diperkirakan defisit listrik yang melanda Sultra khususnya kota Kendari bakal teratasi. “Saat ini proses pembangunanya telah dimulai dengan pemasangan tiang panjang sejak beberapa waktu lalu. Dengan beroperasinya PLTU ini kami perkirakan krisis litrik dapat teratasi,” jelasnya.

Bahkan dalam waktu dekat, mesin 2 mw, milik Pemprov Sultra juga akan dioperasikan untuk mendukung mesin 7 mw yang terletak di Lapulu, Kendari.

Sementara Asisten III Pemkot Kendari Zainal Asmada mengharapkan agar bantuan bina lingkungan yang diberikan PLN dapat dipergunakan sesuai pemanfaatnya. “Bagi penerima bantuan ini dapat memanfaatkan secara baik optimal agar tepat sasaran,” harap Zainal.

PLN Tanam 500 Pohon

Selain memberikan bantuan program Bina Lingkungan, kemarin PLN Kendari juga melakukan penanaman pohon di kelurahan Tipulu (Kendari beach). Jumlah pohon yang ditanam PLN kali ini sebanyak 500 pohon,  baik tanaman rambutan maupun mahoni. “Program nasional ini untuk mencegah terjadinya memanasan bumi. Karena itu PLN sebagai perusahaan nasional peduli atas memanasan global saat ini,” ujar Fauzi.

Ditambahkan PLN Kendari tak hanya melakukan penanaman tetapi juga ikut menjaganya agar pohon yang ditanam dipastikan  tumbuh. “Seluruh karyawan PLN ikut memelihara pohon yang kita tanam nanti. Jadi kami tidak hanya menanam tetapi juga memeliharanya sampai benar-benar tumbuh,” jelasnya.

Walikota Kendari Ir Asrun mengatakan salud kepada PLN yang ikut menghijaukan kota Kendari. Bahkan tak hanya melakukan penanaman tetapi juga bertanggung jawab agar pohon yang ditanamanya nantinya akan tumbuh.  “Saya berharap tak hanya PLN yang ikut melakukan penghijauan kota tetapi kita harapkan perusahaan lain juga turun melakukan program yang sama agar kedepan kota Kendari mampu meraih adipura,” harapnya. (lis/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s