ATPM Beri Subsidi Bunga .:. Atasi Penurunan Penjualan Mobil

Surabaya, KP

Krisis likuiditas, yang diikuti oleh kenaikan suku bunga KPM (kredit pemilikan mobil), memukul penjualan otomotif di tanah air. Untuk menyiasati dan mengangkat kembali penjualan, agen tunggal pemegang merek (ATPM) mobil merangkul perusahaan pembiayaan dengan memberikan subsidi bunga bagi calon konsumen. Lewat strategi tersebut, target penjualan 2008 diharapkan bisa tercapai.

Suparno Djasmin, CEO PT PT Astra Internasional Tbk Daihatsu-Sales Operation (AI-DSO), menyebut penjualan wholesales (pengiriman pabrik ke diler) Daihatsu mencapai sekitar 4.700 unit pada November lalu atau turun drastis dibandingkan Oktober sebesar 9.497 unit.

”Krisis likuiditas membuat konsumen menahan pembelian. Mereka melihat situasi dulu,” katanya kepada Jawa Pos saat Gathering Daihatsu Fleet di Hotel Shangri-La kemarin.

Karena itulah, bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan satu grup, PT Astra Credit Company (ACC), Daihatsu memberikan subsidi bunga kepada konsumen yang membeli bulan ini. Program Paket Cermat ini memberikan bunga 8,95 persen dengan UM 20 persen untuk pembelian Xenia dan Terios dengan jangka kredit 3 tahun. ”Saat ini suku bunga standar berkisar 12-12,5 persen.”

Dengan program itu, dia berharap penjualan pada Desember minimal sama dengan bulan sebelumnya. Jadi, total penjualan pada 2008 bisa mencapai target sekitar 78 ribu unit. Selama Januari-November lalu penjualan Daihatsu sekitar 72.700 unit. ”Market share kami sekitar 13 persen,” katanya.

Dia memperkirakan kondisi pada 2009 masih akan tertekan kondisi global. Penjualan mobil nasional tahun depan diprediksi turun sekitar 20 persen. Tahun ini penjualan mobil nasional diproyeksikan 590 ribu unit. ”Tapi, kami menargetkan pangsa Daihatsu bisa naik menjadi 17 persen tahun depan,” harapnya. (aan/dwi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s