Caleg PMB Gagas Strategi Pemenangan

Kendari, KP

Untuk bisa bersaing dengan partai besar dalam perebutan kursi di parlemen, butuh tekad dan strategi yang matang, agar harapan yang ditargetkan dapat menjadi kenyataan. Demikian pula yang coba digagas Partai Matahari Bangsa (PMB) diwujudkan melalui kegiatan pembekalan calon legislatif (Caleg) kemarin.

Partai politik yang berdiri pada tanggal 8 Januari 2008 lalu itu menargetkan 7 persen kursi diparlemen dapat diraih dalam pemilihan legislatif 2009 mendatang.

Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Ma’mum Murod Al-Barbasy mengungkapkan, tiga hal yang mendasari terbentuknya PMB, antara lain  mengkritisi parpol yang belum bisa melaksanakan fungsinya dengan baik sebagai lembaga yang berpihak pada masyarakat. Memberi kritikan kepada partai-partai Islam yang terlalu mudah menggunakan simbol agama dalam kepentingan kampenye ataupun penampilan serta ingin memberikan pendidikan politik kepada masyarakat terkait eksistensi lembaga politik yang ada.

“Satu hal yang coba kami tekankan kepada masyarakat Muhammadiyah, agar PMB ini menjadi partai terakhir yang ada dalam benak mereka, apalagi kedewasaan warga muhammadiyah sudah mampu menilai partai mana yang harus menjadi panutan dan mana yang tidak layak,”  ujar Ma’mum Murod.

Penulis buku “Menyingkapi Pemikiran Politik Gusdur dan Amin Rais tentang Negara” itu juga mengungkapkan, potret partai Islam yang berprilaku jauh dari ajaran Islam yang sebenarnya juga merupakan motivasi terbesar PMB untuk bisa bersaing dan mencapai target yang diinginkan, tentu saja dengan strategi yang terprogram dan terencana.

Di tempat yang sama, Ketua Umum PW PMB Sultra Dr H Marzuki Hanafi Bantayan MD, MSi mengungkapkan, keterlibatan 122 caleg pada pembekalan itu adalah untuk memberikan gambaran mengenai keberadaan PMB, sebagai doktrin untuk mengatur dan merencanakan strategi pemenangan serta mekanisme pemilihan.

“Masing-masing caleg tentu mempunyai strategi yang berbeda, tergantung dapil dan orientasi masing-masing, olehnya itu segementasi dan sasarannya harus jelas agar strategi yang dibangun dapat berjalan dan bermanfaat dalam pemilihan nantinya,” ungkapnya. (m3/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s