Cristiano Ronaldo Raih Ballon d’Or

Koleksi gelar individu Cristiano Ronaldo bertambah. Kemarin (2/12), bintang Manchester United itu dinobatkan sebagai pemenang Ballon d’Or alias Pemain Terbaik Eropa 2008. Ini kali pertama Ronaldo mendapatkan penghargaan dari majalah Prancis France Football itu setelah tahun lalu menjadi runner up.

Sebelum pengumuman, Ronaldo memang menjadi kandidat kuat peraih Ballon d’Or 2008. Dia bersaing ketat dengan Lionel Messi, bintang Barcelona asal Argentina. Namun, saat pengumuman hasil poling di Paris, Prancis, kemarin, Ronaldo menang telak.

Ronaldo menjadi yang terbaik setelah dipilih 77 dari 96 jurnalis di seluruh dunia dalam poling yang dilakukan France Football. Dari kalkulasi poin, winger 23 tahun asal Portugal itu mengumpulkan 446 poin dari maksimal 480 poin. Jumlah itu berselisih sangat jauh dengan Messi yang menjadi runner up dengan 281 poin. Sedangkan posisi ketiga dihuni Fernando Torres (Liverpool) dengan 179 poin. Pemenang tahun lalu, yakni bintang AC Milan dan timnas Brazil Kaka, berada di posisi kesembilan dengan 99 poin.

’’Memenangkan gelar ini adalah impian saya sejak kecil, ’’ kata Ronaldo sebagaimana dilansir di situs France Football. ’’Saya merasa emosional dan sulit mendeskripsikan kebahagiaan saya saat ini dengan kata-kata,’’ tambahnya.
Terpilihnya Ronaldo memang sudah banyak diprediksi. Itu tak lepas dari
prestasi luar biasa yang ditorehkannya sepanjang musim. Yakni, mengoleksi 42 gol bagi United sekaligus mengantarkan The Red Devils – julukan United – merebut gelar ganda (double winners) di Premier League dan Liga Champions.

Sinyal lain Ronaldo bakal memenangi Ballon d’Or sudah terbaca saat pemain berjuluk CR7 itu merebut beberapa trofi lain tahun ini. Sebut saja Sepatu Emas Eropa 2008, pemain terbaik dan striker terbaik versi UEFA, hingga pemain terbaik FIFPro (asosiasi perkumpulan pemain profesional seluruh dunia) pada 27 Oktober lalu.

’’Banyak fans Manchester United menyebut George Best (bintang United dari 1963-1974, Red) sebagai pemain terbaik klub. Tapi, saya menilai Cristiano Ronaldo tak kalah hebatnya,’’ ungkap Sir Bobby Charlton, salah satu legenda United, kepada Daily Telegraph kemarin (2/12).

Dengan meraih Ballon d’Or, Ronaldo sejajar dengan Best yang merebut trofi itu pada 1968. Selain keduanya, bintang United yang pernah menjadi pemain terbaik Eropa adalah Denis Law (1964) dan juga Charlton (1966).

Sukses Ronaldo sekaligus mengakhiri paceklik pemain asal klub Inggris sebagai pemenang Ballon d’Or sejak Michael Owen pada 2001. Di Portugal, Ronaldo adalah pemain ketiga yang merebutnya sejak Eusebio (1965) dan seniornya Luis Figo (2000).

Dengan Ballon d’Or dalam genggaman, Ronaldo tinggal melengkapi memorabilianya tahun ini dengan gelar pemain terbaik dunia versi FIFA (Federasi Sepak Bola Dunia) yang akan diumumkan di Zurich, Swiss, 12 Januari 2009. Dalam tiga tahun terakhir, peraih Ballon d’Or selalu bablas menjadi pemain terbaik dunia FIFA.

Dengan gayanya yang arogan, Ronaldo optimistis bakal meraih gelar paling bergengsi itu, menyisihkan 22 pemain lain di daftar nominasi. ’’Saya tidak pernah khawatir gelar itu (pemain terbaik dunia FIFA) bakal lepas. Saya masih 23 tahun dan saya makin yakin dari hari ke hari,’’ katanya di situs resmi FIFA. (dns/ca)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s