Deadline Akhir Tahun Tuntas .:. Target KPU Pusat terhadap Pelaksanaan Coblosan Ulang

Jakarta, KP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat merespons cepat putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang sengketa pilkada Jawa Timur. MK memerintahkan KPU Jatim melakukan proses pemungutan suara ulang hingga batas 60 hari. Namun, Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary meminta KPU Jatim bisa menindaklanjuti putusan MK tersebut hingga batas akhir Desember saja. KPU Jatim dituntut melaksanakannya lebih cepat.

KPU memberi deadline kepada KPU Jatim untuk menggelar pilkada ulang di Bangkalan dan Sampang pada Desember ini. ’’Sebab, sesuai UU Pemerintah Daerah (No 12 Tahun 2008), seharusnya tidak ada pemilihan kepala daerah selama 2009. Harus steril demi pemilu legislatif,’’ ujar Hafiz kepada wartawan di Kantor KPU kemarin (2/12).

Pasal 233 ayat 2 UU Pemda menyatakan, pemungutan suara dalam pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada November 2008 sampai dengan Juli 2009 diselenggarakan berdasarkan UU ini paling lama pada Oktober 2008. Sementara ayat 3 menegaskan, dalam hal terjadi pemilihan kepala daerah putaran kedua, pemungutan suara diselenggarakan paling lama pada Desember 2008.
Terkait keputusan penghitungan ulang itu, Hafiz mengakui, putusan MK tersebut sempat muncul dalam pembahasan para komisioner KPU di pusat. Dengan segala bukti yang ada, MK akan kesulitan memutuskan siapa pemenang pilkada Jatim. ’’Dugaan kami, MK akan kesulitan memutuskan, ternyata benar,” kata Hafiz.

Dia menegaskan, sesuai ketentuan UU Pemda tersebut, tidak ada ketentuan bagi MK untuk menetapkan pemungutan ataupun penghitungan suara ulang. Seharusnya, dengan batas waktu dalam UU Pemda, MK mampu memutuskan pemenang dari sengketa pilkada Jatim. ”Namun, seaneh-anehnya putusan MK, KPU (Jatim) akan tetap melaksanakan putusan MK,” jamin Hafiz.

Bagaimana status masa tugas komisioner KPU Jatim? Hafiz menyatakan, masa tugas KPU Jatim sudah diperpanjang untuk kali kedua sejak bergulirnya pilkada Jatim putaran II. Dalam surat keterangan KPU tersebut, dinyatakan bahwa masa tugas para komisioner KPU Jatim diperpanjang hingga kepala daerah baru dilantik. ”Jadi untuk masa tugas, tidak masalah,” jelasnya.

Dari Kantor Depdagri, Menteri Dalam Negeri Mardiyanto kemarin langsung melaporkan putusan MK tersebut kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kantor presiden. Bagaimana respons presiden? ’’Pemerintah tetap menghormati keputusan tersebut,’’ katanya.

Mardiyanto mempersilakan KPU Jatim menyelenggarakan pemungutan suara ulang di Bangkalan dan Sampang serta penghitungan ulang di Pamekasan. ’’Saya hanya mengingatkan bahwa ada UU No 12 Tahun 2008. Ini satu rambu-rambu yang membatasi bahwa pelaksanaannya jangan melebihi 2008,’’ katanya.

Mardiyanto berharap masyarakat Jatim tetap tenang dan menjalankan putusan MK tersebut. ’’Kesempatan yang baik ini jangan disia-siakan. Saya tetap mengimbau semuanya bisa menggunakan haknya,’’ katanya.

Sementara itu, anggota KPU Jatim Arief Budiman mengatakan, selama mengikuti proses sidang sengketa di MK, pihaknya sudah melakukan dan memenuhi tahapan-tahapan sidang di MK. Kalau hasil akhirnya MK meminta pemungutan dan penghitungan ulang, KPU Jatim akan melaksanakan putusan MK.

’’Pemungutan dan penghitungan suara ulang itu tentu butuh waktu. Persiapan personal, anggaran, dan logistik harus diatur kembali. Kami akan bekerja lagi setelah ini,’’ terang Arief. Soal persiapan personel, Arief mengaku KPU sudah sangat siap.

Namun, soal anggaran dan logistik, KPU masih akan berbicara dengan pihak lain. Misalnya, dengan DPRD Jatim dan Pemprov (terkait anggaran) dan rekanan (proses penyiapan lelang surat suara). ’’Intinya, bulan ini kami sudah harus lakukan perintah MK itu,’’ katanya.

Jadwal sementara, KPU Jatim akan menggelar hitung ulang di Pamekasan pada minggu ketiga Desember 2008. Sedangkan untuk pemungutan (coblosan) suara ulang di Bangkalan dan Sampang, rencananya digelar para minggu kedua Januari 2009.

Soal deadline KPU Pusat yang meminta proses pemilu ulang harus dilaksanakan tahun ini, KPU Jatim akan menggelar rapat lagi. ’’Kalau keinginan KPU Pusat seperti itu, nanti kita bicarakan lagi,’’ katanya.(bay/tom/yun)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s