Fitness Teratur Baik untuk Manula

Olahraga berat, seperti fitness, kerap dihindari mereka yang sudah menyentuh usia 50 tahun. Alasannya, fitness terlalu berat bagi kondisi tubuh yang tak lagi bugar seperti saat usia masih dua puluhan. Namun, berdasar penelitian terbaru, warga evergreen tak perlu terlalu cemas.

Menurut penelitian itu, sebagian penelitian tentang fitness dan proses penuaan dilakukan kurang tepat. Alasannya, penelitian tersebut mempelajari individu-individu yang tidak sedang berlatih. Selain itu, penelitian tidak mengikutkan individu yang tergolong memiliki kondisi fit dari kategori manula.

Dikutip dari discoveryarticles.com, rata-rata studi tentang manula tidak menginformasikan mereka yang sukses menjalani gaya hidup yang sehat dan benar. Padahal, warga evergreen bisa banyak belajar dari keberhasilan orang-orang tersebut. Khususnya, jika kita berharap menjadi salah satu di antara mereka.

Tidak ada seorang pun yang mengatakan bahwa proses penuaan tidak memiliki dampak apa pun. Tapi, bagi para manula yang sedang memulai atau meningkatkan program fitness, mereka bisa lebih sehat dibandingkan sebelumnya.

Kesehatan tersebut tidak hanya dari dalam, tetapi juga termasuk penampilan luar yang sehat, perasaan positif, peningkatan energi, dan sebuah keseimbangan positif dari proses kimiawi tubuh. Menurut para peneliti, kesehatan tersebut berhubungan dengan kemampuan adaptasi tubuh manusia. Karena itu, orang bisa memulai latihan pada usia manula dan bisa menjadi benar-benar sehat.

Berdasar penemuan terbaru tersebut, beberapa faktor psikologi yang berhubungan dengan kebutuhan untuk memiliki penampilan luar yang sehat tidak banyak dipengaruhi usia. “Anda harus mampu menjaga otot-otot Anda sesuai usia, termasuk enzim otot yang dibutuhkan untuk penampilan yang atletis. Anda juga perlu mengetahui bagaimana melatih diri pada usia berapa pun. Contohnya, atlet-atlet yang sudah menginjak usia manula masih bisa memiliki tubuh yang atletis,” ujar Dr Tanaka, psikolog olahraga dari University of Texas.

Dia juga mencontohkan, waktu terbaik untuk maraton tingkat dunia bagi pria berusia 70 tahun atau lebih adalah 2:54:05. Itu dicapai pria berusia 74 tahun. Waktu tersebut lebih cepat empat menit daripada yang dicapai pemenang lomba lari maraton pada olimpiade modern pertama di Athena, Yunani, 1896.

Dia mungkin tidak bisa secepat pelari yang lebih muda. Tapi, pencapaian waktu tersebut cukup mengesankan. Karena itu, sekarang adalah saat yang tepat bagi warga evergreen untuk mulai memutuskan apa yang ingin dicapai. Mungkin tubuh yang bagus atau perasaan bahagia.

Warga evergreen harus bangga dengan pencapaian masing-masing karena mereka tahu bahwa itu adalah sebuah tantangan yang ingin diambil. (ken/tia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s