Penunggak RoFI Perindag Diberi Deadline

Kendari, KP

Dinas Perdagangan (Disperindag) Sultra memberikan deadline kepada penunggak dana Repaiment of Fund Interest (RoFI) tahun 2004 sebanyak Rp 250 juta, untuk segera melunasinya. Batas waktu pelunasannya hingga awal 2009.

“Kami sudah menyuratinya berkali-kali namun tidak ada niat baik untuk melunasinya. Namun kami masih memberi kesempatan hingga awal 2009  nanti. Jika mereka masih belum melunasinya, kami akan serahkan ke dewan pengawas.  Bagaimanapun dana yang mereka pinjam itu uang rakyat yang harus dikembalikan,” kata Kadis Perindag Sultra La Ode Khalifa, kemarin.

Data Disperindag jumlah kredit macet dana RoFi tertinggi pada penyaluran 2004. Dari Rp 1 miliar yang disalurkan kala itu sebanyak Rp 250 juta, diantaranya belum kembali sama sekali. Ada tiga peminjam terbesar yaitu pengusaha karamba ikan Rp 150 juta, kemudian Rp 100 juta adalah 3 pengusaha sembako di Kendari. “Sejumlah  peminjam dengan besaran Rp 5 juta (pedagang kaki lima) justru telah melunasinya. Justru peminjam besar seperti mereka, sama sekali belum mengembalikan,” ujar mantan Kadis Perhubungan Sultra ini.

Sementara kredit macet penyaluran dana RoFI tahun 2005, kata Khalifa, tetap masih ada yang belum mengembalikan. Namun diantaranya masih mengangsur, meskipun sudah habis masa pengembalian, mereka masih punya niatan untuk mengembalikan. “Yang pasti semua yang macet kami akan serahkan ke dewan pengawas,” katanya lagi.

Pada tahun 2008 ini, Disperindag juga akan mengucurkan dana penguatan modal bagi pelaku usaha mikro sebanyak Rp 1 miliar. Dana bersumber dari APBD itu, kini belum disalurkan. Disperindag saat ini masih mensurvei siapa saja yang layak diberi pinjaman. “Sasaran penyalurannya lebih fokus kepada para usaha kecil seperti pedagang kaki lima,” tambahnya. (lis/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s