Program Jamkesmas Terus Disosialisasikan

Kendari, KP

Departemen Kesehatan terus melakukan sosialisasi program Jaminan kesehatan masyarakat miskin (Jamkesmas), pengganti Askeskin bagi warga miskin. Menggandeng LSM Koalisi Masyarakat Sehat (Klimaks), Depkes menggelar sosialisasi di Kantor Camat Poasia, Senin (1/12) lalu.

Armansyah, tim pengelola Jamkesmas membeberkan, Depkes menyiapkan anggaran sebesar Rp 4 T lebih untuk membiayai program Jamkesmas se-Indonesia. Siapa saja yang berhak masuk program, diserahkan kepada masing-masing Pemda untuk melakukan pendataan.

Nantinya, bagi warga miskin yang telah masuk data base Jamkesmas, jika berobat ke Rumah Sakit (RS) gratis, meskipun melakukan operasi karena pemerintah akan menanggung semua biayanya. Namun ada beberapa hal yang tidak masuk tanggungan, misalnya operasi untuk kecantikan.

Mengenai mekanisme pembayaran masih diserahkan kepada PT Askes, untuk mengelola pendanaanya. Pemda sebatas menyerahkan data base warga miskin ke PT Askes dan RS. Program ini hampir sama dengan Askeskin, hanya bedanya tidak semua ditangani oleh PT Askes. “Kalau Askeskin, PT Askes yang kelola sepenuhnya dari menyiapkan data base warga miskin sampai pembayaran,” terangnya.

Direktur LSM Klimaks, Busra S Km, menguraikan, sosialisasi dilakukan untuk memberi pemahaman kepada warga miskin dan tokoh masyarakat setempat, terkait siapa saja yang dapat masuk program Jamkesmas dan apa saja yang dibiayai.

“Kami mengingkan masyarakat tahu, apa saja yang bisa dilayani program Jamkesmas, ketika berobat,” terangnya.     Untuk Kota Kendari sendiri, jumlah warga miskin yang telah masuk data base Jamkesmas sebanyak 88.691 jiwa. (cr7)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s