Robinho Mulai Mengeluh

Manchester, KP

Mental yang payah. Itulah penilaian Robinho tentang tim yang dibelanya Manchester City. Padahal, menurut dia, The Citizens (julukan City) punya pelatih bagus dan sederet pemain dengan kualitas yang tidak buruk.

Semua itu tidak lepas dari labilnya penampilan The Citizens di Premier League. Dampaknya, Richard Dunne dkk harus puas berada di papan bawah (posisi ke-18) klasemen sementara. Bukan hasil yang memuaskan.

Pada laga terakhir di Premier League, City takluk 0-1 dari Manchester United saat menjalani derby Manchester, 30 November lalu. Pemain yang sudah mencetak sembilan gol untuk City itu juga prihatin dengan pertahanan City yang sudah kebobolan enam gol dalam delapan laga terakhir.

”City punya pemain-pemain bagus, tetapi mental mereka kecil. Mereka kurang memiliki mental juara,” keluh Robinho, seperti dilansir Telegraph.

Dia menambahkan, tekad untuk menang masih kurang. Dalam penilaiannya, City punya sederet pemain bagus, tapi semuanya hanya puas dengan mampu mencapai posisi kelima klasemen sementara. Bukan tekad untuk juara.

”Di Real Madrid saya belajar soal tekad untuk selalu menang. Bagi saya, Anda bisa puas sebagai juara kalau mampu mengalahkan lawan di partai tandang. Kami harus punya ambisi mengalahkan Chelsea, United, dan Liverpool. Tapi, mereka (rekan-rekannya) berpikir imbang sudah cukup,” bilang striker Timnas Brazil itu.

Yang menjadi perhatian Robinho saat ini adalah bagaimana membangun mental juara bersama timnya. Sebab, pemilik anyar City punya ambisi yang begitu besar dan siap menggelontorkan dana untuk proyek prestisius.

”Saya ingin menyebarkan mentalitas juara. Saya belajar bahwa berada di posisi kedua sala dengan pecundang. Saya bermain di Santos. Di sana, para penggemar ingin kami memenangkan semua turnamen yang kami lakoni. Itu juga terjadi di Real Madrid dan tim nasional Brasil. Jika kami berpikir untuk menjadi besar, kami juga bisa mencapai itu,” katanya.

Dalam wawancaranya di Setanta Sports 1, Robinho mengaku telah memberi saran ke pelatih Mark Hughes untuk membenahi tim dengan mendatangan beberapa pemain berkualitas asal Brazil. ”Kalau saya bisa memilih, saya akan memboyong Kaka dan rekan senegara saya, Ronaldo,” kata Robinho.

Selain itu, dia mengaku, sebenarnya lebih tertarik bergabung dengan Chelsea di bursa transfer musim panas lalu. ”Big Phil (julukan Luiz Felipe Scolari) bekerja di sana, sebuah tim hebat. Saya ingin bermain di sana. Tetapi City merupakan satu-satunya klub yang dibolehkan Real Madrid,” aku pemain berusia 24 tahun itu. (ham)

Leave a Reply

