SBY Jamin, Guru Bantu Jadi PNS .:. Deadline Menteri Terkait Tuntas 2009

Presiden SBY berbincang-bincang usai menerima Peserta Program Pendidikan Reguler Lemhanas, di Istana negara kemarin (2/12)Jakarta, KP

Menjelang Pemilu 2009, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono makin rajin mengucapkan janji yang menyenangkan hati rakyat. Sehari setelah menjanjikan harga solar turun bulan depan, SBY kembali menebar angin surga dengan menjamin akan mengangkat seluruh guru bantu yang sudah masuk formasi Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Dalam catatan Depdiknas, guru bantu yang siap diangkat mencapai 163.565 orang yang merupakan bagian dari formasi pengangkatan 901.607 guru hingga akhir Desember 2008. Untuk memenuhi hal itu, pemerintah memberikan toleransi sampai 2009.

’’Tugas pemerintah untuk menuntaskan (pengangkatan, Red) hingga 2009 mendatang,’’ janji SBY dalam puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT Ke-63 PGRI di Stadion Tennis Indoor, Gelora Bung Karno, Senayan, kemarin (2/12).

Pemerintah, tegas SBY, memberikan bukti bukan janji dengan satu kata dalam perbuatan. Karena itu, dirinya sudah meminta agar Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) Taufiq Efendi menuntaskan pengangkatan guru bantu menjadi PNS. ’’Koordinasikan (pengangkatan guru bantu, Red) dengan menteri keuangan,’’ ujarnya kepada kedua menteri tersebut.

Bukan hanya nasib guru bantu. Di bidang pendidikan, SBY berjanji proporsi anggaran tak akan terpengaruh krisis global. ’’Meski dewasa ini dunia mengalami krisis keuangan dan berdampak pada APBN, komitmen anggaran 20 persen tetap dijalankan,’’ tegasnya.

Dia menyatakan, tidak semua sektor mendapatkan anggaran besar. Karena itu, alokasi 20 persen anggaran harus dimanfaatkan sebaik-baiknya atau tepat sasaran, efisien, efektif, serta bebas dari penyimpangan. ’’Gunakan anggaran untuk benar-benar meningkatkan kapabilitas dan profesional guru,’’ katanya.

Mendiknas Bambang Sudibyo menambahkan, pihaknya akan berusaha meningkatkan kualitas guru dengan memberikan sertifikasi secara bertahap. Selain itu, beban kredit kesetaraan akan diturunkan. ’’Diusulkan pengakuan hasil belajar yang diperoleh sebelumnya dalam pengajaran di sekolah,’’ jelasnya.

Guru yang akan meraih gelar D-4 atau S-1 bisa memperoleh sistem kredit semester dari karya inovatif, pendidikan dan pelatihan, serta pendidikan mandiri.

Pada peringatan HGN kemarin, Ibu Guru Muslimah, tokoh guru dalam film laris Laskar Pelangi, menjadi salah seorang penerima penghargaan Satyalencana Pendidikan. Presiden SBY menyerahkan penghargaan itu secara seremonial kepada mantan guru SD Muhammadiyah Belitong tersebut.

’’Saya sudah menonton Laskar Pelangi. Saya juga sudah bertemu Ibu Muslimah yang dibawakan Cut Mini dan sekarang bertemu Ibu Muslimah yang asli. Jadilah Ibu Muslimah-Ibu Muslimah yang lain, guru yang penuh dedikasi, penuh inisiatif, yang bermental baja untuk meningkatkan prestasi siswa-siswanya,’’ tegasnya.

Pemberian penghargaan itu, kata SBY, dimaksudkan sebagai upaya memotivasi guru untuk selalu sadar dan berusaha meningkatkan mutu kemampuan profesionalnya sebagai sarana untuk meningkatkan mutu pendidikan lewat berbagai kegiatan serta kesempatan.

Selain menyerahkan penghargaan untuk Ibu Muslimah, diserahkan penghargaan Satyalancana Pembangunan di Bidang Pendidikan kepada Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi, Wakil Gubernur Bali Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Bupati Wonogiri Begug Poernomo Sidi, Wali Kota Jogjakarta Herry Zudianto, Bupati Lamongan Masfuk, Bupati Murung Raya Willy Midel Yoseph, Bupati Hulu Sungai Tengah Saiful Rasyid, Bupati Minahasa Selatan Ramoy Markus Luntungan, Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo, serta Bupati Sumbawa Barat Zulkifli Muhadli.

Satyalancana Pendidikan juga disematkan kepada delapan guru, tiga kepala sekolah, dan dua pengawas sekolah yang berprestasi serta berdedikasi luar biasa dalam melaksanakan tugas profesionalnya. (zul/tom/kim)

16 thoughts on “SBY Jamin, Guru Bantu Jadi PNS .:. Deadline Menteri Terkait Tuntas 2009

  1. Dengan hormat,
    Saya sudah menjadi guru honor yang dibiayai APBD sejak Juli 2006, Bagaimana nasib saya?. Apakah akan diangkat menjadi PNS?
    Suami saya juga telah menjadi guru bersertifikasi, tapi disekolah swasta selama 5 tahun dengan gaji perbulan Rp.550.000. Kami mohon untuk dapat diangkat jadi PNS karena honor yang diterima sangat rendah!

  2. Dengan hormat,
    Saya sudah menjadi guru honor yang dibiayai APBD sejak Juli 2006, Bagaimana nasib saya?. Apakah akan diangkat menjadi PNS?
    Suami saya juga telah menjadi guru bersertifikasi, tapi disekolah swasta selama 5 tahun dengan gaji perbulan Rp.550.000. Kami mohon untuk dapat diangkat jadi PNS karena honor yang diterima sangat rendah!

    Mohon informasinya!

  3. aku sangat senang mendengar janji Pak SBY ini semoga apa yang dikatakan nya benar dan dilaksanakan oleh bawahannya. selamat bagi guru honorer di bawah Diknas. dan aku prihatin dengan guru kontrak depag yang hingga saat ini masih terkatung2 nasibnya. info terakhir Draf PP GURU KONTRAK Depag saat ini sudah masuk ke meja Presiden, aku berharap semoga hati Presiden bisa adil dengan nasib guru di bawah naungan Depag (GURU KONTRAK) dan untuk warga KENDARI yang merasa GURU KONTRAK DEPAG dari th 2003 – 2007 mari kita bergabung untuk bersama2 meminta kebijakan PRESIDEN.
    Info lebih lanjut hub :
    Fatoni Mustofa Demak Jateng Ketua Forum Komunikasi Guru Kontrak Depag Indonesia Hp. 08122536502
    MISKAT Mojokerto Jatim Hp. 08121692843
    Drs. Solihin Madura Hp. 081931055656
    Bu Lela Bandung Jabar 081324781699

    ato login ke masmudin.wordpress.com. kami tungggggguuuuuu !!!

  4. Itu baru sebatas janji belum menjadi bukati, contoh di DKI Jakarta dari 683 guru bantu belum ada satu pun yang diangkat menjadi PNS ,tolong semua yang berjanji segara dipenuhi biar nanti tidak masuk neraka
    karena termakan janjinya sendiri.

  5. pak sby saya harap janji2 bapak dapat terpenuhi karna saya sudah 6 thn jd guru honor pemda belum jg saya ada pengangkatan untk pns.tolong janji2nya dipenuhi.

  6. PAK SBY JANJI DI TUNGGU BANYAK ORANG TERUTAMA BAGI YANG TERLIBAT LANGSUNG GURU YANG BERSANGKUTAN ,ANAK , ISTRI DAN SAUDARANYA SANGAT MENGHARAPKAN JANJIMU DI LAKSANAKAN. KAMI MINTA TOLONG BAWAHAN BAPAK TERUTAMA GUBERNUR DKI JAKARTA YAITU BAPAK FAUZI BOWO DAN JAJARANYA YANG BELUM MELAKSAKAN AMANAH DARI BAPAK SBY.

  7. Hari ini terakhir dari bulan april 2009, tersebar diinternet pp khusus guru kontrak depag untuk cpns akan diterbiktkan. semoga. amiiiiin

  8. kami guru honorer depag kab. Temanggung akan menunggu bukti nyata secepatnya sampai ahir Desember 2009 bahwa Bapak SBY akan mengangkat kami menjadi PNS.lanjutkan !!!!!!!!!

  9. Bapak yang baik ,tolong dong nasib guru honor swasta telah lama mengajar 5 tahun sampai 30 tahun
    dan bersertfikasi agar diangkat menjadi CPNS,jangan ada perbedaan semuanya tujuannya mencerdaskan kehidupan bangsa,nama : fiya Mirway,S.D,unit kerja : SMP anggrek Banjarmasin,dan pernah jadi guru kontrak(bantu),tapi dengan adanya test,kami dibuang.Habis manis sepah dibuang

  10. Pak SBY saya sdh milih bpk lho dan bpk sdh pasti jd Presiden lg,,,tlg direalisasikan janjinya. Sbg guru bantu d jakarta kami sdh capek dgn janji2. Mosok koordinasi pemda, menpan n mendiknas gak kelar2 seh?? Sdh ga jamannya pake uang pelicin Pak!!

  11. SBY CUMA OMONG TOK..!!
    GURU-GURU DI INDONESIA HANYALAH BAHAN PROYEK YANG HANYA BERGUNA PADA SAAT MUSIM KAMPANYE..!!

    INGAT..
    SUDAH SEJAK 2004 SBY MENGUCAPKAN JANJI INDAH ITU.
    GUNANYA UNTUK APA..?
    AGAR DIA BISA JADI PRESIDEN.

    DAN SEKARANG INI, SAAT SBY MEMBUTUHKAN ANGGAPAN BAIK DI MASYARAKAT, DIA MENGULANGI LAGI JANJI YANG BELUM DITEPATINYA ITU…

    KASIHAN SEKALI PARA GURU DI INDONESIA..
    SUDAH DISURUH KERJA KERAS DENGAN IMBALAN KECIL..
    DIBOHONGI TERUS MENERUS..
    DAN DIPAKSA HARUS MELAKUKAN APAPUN PERINTAH ATASAN..
    JIKA TIDAK MAU MENURUTINYA.. (SILAHKAN DITEBAK SENDIRI APA AKIBATNYA)..

  12. Bapak presiden yang terhormat, hingga hampir akhir 2009, belum satupun guru bantu DKI jakarta diangkat PNS. Bagaimana realisasinya ?

  13. Yth. Bapak SBY dan Bapak Boediono.

    saya adalah GTT yang sejak 1988 mengabdi di sekolah Madrasah Ibtidaiyah,menjadi guru kontrak di lingkungan Departemen Agama. apakah nantinya NASIB guru kontrak DEPAG itu akan sebanding dengan Guru Bantu DIKNAS ? yang nantinya pengangkatan akan sesuai dengan birokrasi Diknas ? terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s