UMP Sultra Naik 10 Persen

Kendari, KP

Pemprov Sultra melalui Peraturan Gubernur Sultra Nomor 730 tahun 2008, resmi menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 10 persen dari sebelumnya yang hanya Rp 700 ribu naik menjadi Rp 770 ribu. Keputusan itu mulai berlaku 1 Januari 2009 mendatang. Ketentuan tersebut didasarkan atas pertimbangan kebutuhan karyawan serta UMP provinsi terdekat dari Sultra.

Asruddin, Kabid Hubungan Industrial dan Pengawas Ketenagakerjaan Dinas Nakertrans, menuturkan setelah melalui pembahasan alot di internal dewan pengupahan akhirnya disepakati adanya kenaikkan UMP tersebut dan berlaku di semua kabupaten/kota di Sultra.

“Alhamdulillah, Gubernur pun merespon masalah itu. Pertimbangannya tentu terkait dengan kondisi ekonomi bangsa saat ini, ditambah UMP provinsi tetangga. Semisal, Sulsel UMP-nya Rp 905 ribu dan Palu Rp 720 ribu. Supaya tenaga kerja kita tidak ke Makassar ataupun ke Palu begitu pula sebaliknya, yah kita naikkan menjadi 770,” beber Asruddin, usai penetepan UMP yang dihadiri dewan pengupahan, beberapa waktu lalu.

UMP yang dijelaskan Asruddin itu baru secara umum belum mencakup keseluruhan bidang kerja. Untuk sektor bangunan misalnya, upah buruh berjumlah Rp 880 ribu perbulan dan untuk sektor tambang, Rp 850 ribu perbulan. “Keputusan ini akan kita sosialisasikan,” katanya.

Asruddin memastikan jika ada perusahaan yang tidak mampu membayar upah karyawannya sesuai UMP maka perusahaan itu harus mengajukan penundaan atau penangguhan pembayaran UMP ke Nakertrans. “Kami akan audit dulu keuangannya. Bagaimana kemampuan usahanya. Sebab, UMP itu sebagai jaring pengaman yang berlaku, bukan upah standar. Artinya, nda boleh di bawah dari itu,” jelasnya.

Bila ada perusahaan ketahuan menggaji karyawannya dibawah standar, akan dikenakan sanksi pidana berupa kurungan 4 bulan dan denda uang minimal Rp 50 juta. “Sampai saat ini belum ada pengaduan yang kami terima dari karyawan atau buruh yang tidak digaji sesuai UMP,” tandasnya.(dri/emi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s