Valencia Diambang Kebangkrutan

Persoalan besar menghadang Valencia. Di saat performa tim tengah membaik klub yang bermarkas di Estadio Mestalla itu dibelit persoalan keuangan yang berat.

Menurut  harian Marca, saat ini, Valencia mempunyai beban utang sangat besar. Diklaim mencapai kitaran 440 juta euro atau sekitar Rp 6,3 triliun.  Ditambah pembangunan stadion baru, Nou Mestalla, yang pembangunannya dimulai Agustus 2007 lalu dan rencananya selesai pada Januari 2010, utang klub membengkak menjadi 740 juta euro (Rp 10,7 triliun).

Karena itulah, untuk mengurangi beban klub, pada bursa transfer musim panas lalu, Los Che ditengarai bakal melego sejumlah pemain bintangnya. Tapi dengan berbagai alasan hal itu batal dilakukan.

Kondisi finansial klub telah sedemikian parah. Para direktur klub sekarang sedang melakukan perundingan dengan salah satu bank terkemuka di Spanyol, Bancaja.
Los Che ( julukan Valencia ) diklaim harus membayar hutang jatuh tempo sebesar 50 juta euro (sekitar Rp 715 miliar) sebelum 31 Desember mendatang. Jika gagal, kondisinya bakal tambah gawat, bahkan Valencia bisa terancam pailit alias bangkrut.

Pertemuan itu digelar pada Senin (1/12) kemarin. Wakil Presiden Valencia, Miguel Zorio Pellicer dan Direktur Umum, Javier Gomez bertemu dengan pejabat bank Bancaja guna membicarakan posisi masing-masing. Diyakini, Valencia meminta perpanjangan waktu untuk membayar utang klub.

“Pertemuan itu dimaksudkan untuk mencari solusi terbaik. Tapi sejauh ini situasinya baik-baik saja. Kami tengah berusaha untuk untuk mendapatkan yang terbaik untuk semua,” kata juru bicara Valencia seperti dilansir Marca.

Pihak klub sendiri tengah berusaha mencari jaminan atau kepastian untuk menanggulangi pembayaran gaji para pemain, para pekerja klub yang ditaksir mencapai 300 orang, dan pembayaran terkait konstruksi Nou Mestalla dan cicilan kepada para kreditor. (ali)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s