YWCA Sultra dan HP3S Gelar Workshop

Young Women’s Christian Association (YWCA) dan Himpunan Perempuan Peduli Pendidikan Sultra (HP3S) kemarin (2/12) menggelar workshop di aula Graha Pena Kendari Pos. Kegiatan tahunan YWCA tersebut tahun ini mengambil tema “Menyiapkan Generasi Muda Menciptakan dan Memasuki Dunia Kerja.

YWCA sendiri adalah gerakan perempuan internasional yang mengembangkan kepemimpinan semangat perempuan mendapatkan kesetaraan dalam hak asasi manusia, kesehatan, keamanan, martabat, kemerdekaan, peduli akan isu sosial, lingkungan, keadilan dan perdamaian serta kesetaraan gender.

Kata Yusniati Rambe, Ketua YWCA Sultra workshop itu menghadirkan tiga pemateri, salah satunya dari Unhas yakni Prof Andi Lolo, Guru Besar Sosiologi Unhas. Dalam makalahnya, Andi Lolo mengatakan bahwa kunci dari pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan perempuan muda yaitu dengan memunuhi 3 kebutuhan dasar yang meliputi pendidikan, kesehatan dan pendapatan termasuk mengatasi hambatan-hambatan kultural.

Kadis Nakertrans Sultra, Erna Bansin dalam materinya juga menyampaikan upaya yang telah dilakukan pemerintah guna mengentaskan kemiskinan antara lain dicanangkannnya Gerakan Nasional Penanggulangan Pengangguran (GNPP) namun belum menunjukkan hasil yang optimal karena belum berkurangnya angka pengangguran secara signifikan.

“Oleh karena itu keluarlah kebijakan theree in one yaitu terobosan yang berupaya untuk mengintegrasikan lembaga pelatihan, sertifikasi dan lembaga atau pusat informasi pasar kerja disetiap provinsi dan atau Kabupaten/Kota,”terang Erna Bansin.(m4)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s