Perindag Jamin Stok Sembako Aman .:. Jelang Idul Adha, Natal dan Tahun Baru

Sejumlah kebutuhan makanan pokok mengalami kenaikan jelang hari raya idul adha, natal dan tahun baru.Kendari, KP

Pada  bulan Desember ini akan terjadi banyak momen baik Idul Adha, Natal dan tahun baru. Kebutuhan akan sembilan bahan pokok (sembako) tentunya semakin meningkat pula. Namun Disperindag Sultra, menjamin jika stok aman, tidak akan terjadi kekosongan.

Kasubdin Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sultra, Subu Zahri mengatakan hasil pantauan di sejumlah pasar maupun distributor sembako di Kota Kendari dinilai masih aman. “Stok sejumlah kebutuhan makanan masih aman setelah kami melakukan pengecekan ke distributor masing-masing maupun di toko dan pasar-pasar tradisional,” terang Subuh Zahri, kemarin.

Subu mengakui ada sejumlah kebutuhan mengalami kenaikan, hanya saja kenaikannya relatif belum berarti. Kenaikan itu seperti harga daging dan hewan kebutuhan hari raya Idul Adha.

Sementara barang-barang industri  tidak mengalami kenaikan. Bahkan beberapa hari lalu, ada sejumlah jenis beras yang harganya malah  mengalami penurunan. “Semuanya normal, masyarakat tidak perlu khawatir,” paparnya.

Meskipun kondisi lapangan aman, tapi  Disperindag tetap siaga dengan melakukan pengawasan, untuk menjaga agar ketersediaan barang tetap terjaga. “Kalau pendistribusianya lancar maka stok aman dijamin aman. Kalau ada kenaikan harga dengan presentase yang masih kecil itu wajar,” tambahnya.

Kemarin,  hasil pantauan koran ini di pasar Kendari (Pasar Sentral Kota, Mandonga dan Wua-wua), harga beras Konawe, 48 dan ciliwung mengalami kenaikan,  masing-masing Rp 4.800 per kg dari harga sebelumnya Rp 4.600 per kg dan beras kepala super Rp 5.800 per  kg dari harga sebelumnya Rp 4.800 per kg.

Harga cabe merah besar dari Rp 12 ribu per kg menjadi Rp 15 ribu per kg, cabe merah biasa dari Rp 13 ribu per kg menjadi Rp 16 ribu per kg dan cabe rawit dari Rp 35 ribu per kg menjadi Rp 45 ribu per kg sedangkan harga bawang dari Rp 8 ribu per kg menjadi Rp 9 ribu per kg. (lis/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s