Pendaftar CPNS Capai Tujuh Ribuan

Kendari, KP

Pendaftaran CPNS untuk wilayah Sultra sudah resmi ditutup, kemarin (5/12). Data calon peserta tes hingga hari terakhir yang dirangkum PT Pos Indonesia Cabang Kendari mencapai 7 ribuan orang. Itu khusus untuk Kota Kendari dan Pemprov Sultra. Berkas permohonan tes CPNS tersebut secara keseluruhan diserahkan ke BKD yang dialamatkan pelamar.

Untuk Kota Kendari, jumlah pendaftar mencapai 4 ribu orang dan Pemprov sebanyak 3 ribuan orang. Berkas tersebut akan diferivikasi BKD untuk diseleksi kesesuaian antara formasi yang dipilih dengan disiplin ilmu yang dimiliki serta kelengkapan berkas lainnya.

Usai pemeriksaan berkas, pihak BKD akan menerbitkan kartu tes. Kartu tersebut akan diserahkan kembali ke PT Pos Indonesia untuk didistribusikan kepada pelamar sesuai alamat yang tercantum dalam surat lamaran masing-masing. Proses pendistribusian kartu tes akan dilaksanakan tanggal 9 sampai 13 Desember 2008.

Dalam pengajuan surat permohonan seleksi calon CPNS itu, ternyata format surat permohonan untuk Pemprov yang ditujukan kepada Gubernur berbeda dengan format surat permohonan untuk Walikota Kendari, atau seperti yang disosialisasikan di media cetak. Ada beberapa item yang berbeda walau tidak terlalu signifikan.

Perbedaan tersebut meliputi penulisan identitas, untuk Kota Kendari harus ditambahkan pekerjaan dan disiplin ilmu pelamar. Selain itu, lampiran permohonan, Pemkot Kendari tidak menyertakan fotokopi KTP pelamar. Namun, kekeliruan itu cepat diantisipasi, sebab contoh permohonan mengikuti tes CPNS ditempelkan di pintu depan Kantor Pos.

Humas PT Pos Indonesia, Hadi Susanto mengatakan, pelaksanaan pemasukan berkas lamaran seleksi CPNS cukup lancar, tertib dan aman. Tidak terdapat masalah selama penerimaan berkas tersebut. Hanya memang ada beberapa pelamar yang kadang salah alamat atau tidak melengkapi berkas permohonannya.

“Jika masih bisa diperbaiki, pelamar itu diperbolehkan melengkapi kembali surat lamarannya, sepanjang surat lamaran tersebut belum diserahkan ke BKD. Tapi, permasalahan seperti salah alamat atau kurang lengkap berkasnya hanya beberapa orang saja,” terang Hadi Susanto saat ditemui, kemarin.

Pada hari terakhir pemasukan berkas, PT Pos Indonesia Cabang Kendari memberikan kelonggaran dengan mengundur masa deadline penutupan. Pendaftaran sebenarnya harus ditutup tepat pukul 15.00 Wita, 5 Desember 2008. Tapi, jika ada pelamar yang datang lewat dari jam yang telah ditentukan, masih diijinkan.

Dalam pendistribusian kartu tes nantinya, calon peserta tes CPNS tidak perlu lagi mengantri di PT Pos Indonesia. Pendistribusian akan dilaksanakan dengan menggunakan sistem pendistribusian surat. “Biayanya kan sudah masuk dalam pembayaran flat rate yang dibeli pelamar Rp 15 ribu tersebut,” pungkasnya.(cr3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s