Indonesia v Singapura .:. Kejar Juara Grup – (Tayangan langsung RCTI pukul 19.30 WIB)

Jakarta,KP

Tiket semifinal Piala AFF 2008 telah digenggang tim nasional (Timnas) Indonesia. Kendati begitu, Indonesia pantang bermain-main saat bentrok dengan Singapura di pertandingan terakhir Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, malam ini. (Tayangan langsung RCTI pukul 19.30 WIB).

Skuad Merah Putih tetap harus serius. Kemenangan tetap menjadi harga mati bagi Charis Yulianto dkk. Torehan tiga poin bukan saja untuk menjaga gengsi atas Singapura. Tapi, kemenangan juga sangat berarti bagi Timnas untuk bisa nangkring sebagai juara Grup A.

”Kami memang harus mengejar juara grup. Hal itu bukan untuk menghindari juara grup B. Tapi, itu demi mempermudah jalan menuju final,” tegas Benny Dolo, pelatih Timnas.

Ya, jika mampu tampil sebagai juara Grup A, jalan Indonesia menggapai gelar juara akan lebih gampang. Sebab, dengan status juara Grup A, bukan hanya menjadikan Pasukan Garuda hanya bersua runner up Grup B di semifinal. Tapi, status itu juga cukup menguntungkan Indonesia untuk memenangkan pertandingan semifinal.

Sebab, juara Grup A, akan memainkan leg kedua semifinal di kandang sendiri. Hal yang sama juga berlaku di laga final. Jika lolos ke final, maka dengan predikat juara Grup A, maka Indonesia bakal menjadi tuan rumah di leg kedua final pada 28 Desember nanti. Situasi yang tentu saja sangat menguntungkan untuk meraih gelar juara.

”Singapura memang cukup kuat dengan diperkuat beberapa pemain naturalisasi. Tapi, kami ingin memenangkan pertarungan melawan mereka. Dan pemain tertantang untuk membuktikannya.” kata Bendol-sapaan akrab Benny Dolo.

”Banyak orang yang pesimitis dengan materi kami saat ini. Tapi, kami akan buktikan bahwa kami bisa bersaing dengan Singapura. Tunggu saja tanggal mainnya,” sambung top skor sementara Indonesia di Piala AFF 2008 Budi Sudarsono.

Singapura ternyata tidak mau kalah dengan Indonesia. Meski sadar posisinya sebagai tim tamu, tapi tim berjuluk The Lions itu juga sangat berhasrat mengejar kemenangan. Sama seperti Indonesia, kemenangan sengaja mereka buru agar bisa mengakhiri babak penyisihan sebagai juara Grup A.

”Pertandingan dengan Indonesia sangat prestisius bagi kami. Untuk itu, kami tidak mau kalah dengan mereka. Kemenangan akan membuat para pemain semakin tinggi motivasinya menghadapi semifinal,” seru Radojko Avramovic, arsitek Singapura.

Demi meraih kemenangan, Singapura pun menyiapkan strategi berbeda lawan Indonesia. Pemain seperti Indra Sahdan yang sebelumnya diparkir, bakal diturunkan sebagai senjata untuk membunuh tuan rumah. ”Ada pemain yang sengaja kami istirahatkan saat lawan Myanmar. Tujuannya tentu agar tampil fresh saat melawan Indonesia,” urai Raddy-sapaan karib Radojko Avramovic. (fim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s