Lebih Aman Sering Ganti Posisi

Sebagaimana cedera punggung, cedera leher biasa dialami pekerja kantoran. Bentuk cederanya tak jauh beda. Yakni, neck pain (nyeri leher) hingga CRS (cervical root syndrome) atau terjepitnya saraf.

“Mereka yang mengalami CRS biasanya merasa nyeri dari bahu hingga tangan,” kata dr Nario Gunawan SpOT, spesialis ortopedi dan traumatologi RS Mitra Keluarga.

Menurut Rio, panggilan akrab Nario, cedera leher umumnya terjadi karena tindakan sama yang berlangsung terus-menurus. Misalnya, menerima telepon dengan menempatkan gagang telepon di bahu dan memiringkan kepala. Jika, cara itu sering dilakukan di sebelah kiri saja, peluang mengalami cedera leher sangat besar. “Harus sering pindah posisi,” ujarnya.

Posisi bekerja, tambah dia, juga dapat memicu cedera di bagian tubuh penyangga kepala tersebut. Rio mencontohkan, ada pasiennya yang mengalami gangguan otot leher karena duduk di sebelah kanan pintu. “Setiap ada orang masuk, dia menoleh ke kanan. Karena terus-menerus melakukannya, si pasien sering mengalami nyeri otot leher bagian kanan,” tuturnya. Rio menjelaskan, cedera leher harus segera diatasi. Sebab, bagian itu berkaitan erat dengan otak.

Bagi mereka yang berada dalam kondisi statis lebih dari dua jam, Rio menyarakan agar melakukan gerakan ringan yang dapat memperlancar aliran darah. Dengan begitu, rasa kaku bisa dicegah. “Luangkan barang lima menit untuk melakukan peregangan. Itu bermanfaat untuk melenturkan kembali otot yang terasa kaku,” jelasnya.

Gerakan ringan yang bisa dilakukan, antara lain, duduk di tepi kursi, pegang sandarannya dengan kedua tangan, lalu tarik tubuh bagian atas ke posisi lurus ke depan. Gerakan iut bertujuan untuk meregangkan otot bahu, punggung atas, dan dada.(dio/soe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s