Perbankan Sultra Belum Lirik Sektor Rumput Laut .:. Jumlah Produksi dan Market Belum Jelas

Kendari, KP

Meski potensi rumput laut Sultra cukup menjanjikan namun pihak perbankan belum tertarik untuk membiayai potensi ini. Jumlah produksi dan marketnya belum jelas menjadi alasan sehingga bank masih menganggap belum berpotensi.

Nah, agar pihak perbankan tertarik, Bank Indonesia (BI) Kendari, bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sultra, beberapa waktu lalu,  memagangkan 12 perwakilan dari masing-masing kabupaten ke Mataram. Tujuannya mereka bisa melakukan studi sekaligus belajar di daerah yang  pengelolaan rumput lautnya sudah menjadi icon nasional itu.

“Usai pemagangan,  kami harapan penggarapan sektor rumput laut lebih maksimal. Dan pihak perbankan berani membiayai mereka,” kata Deputi  BI Kendari bidang Ekonomi dan Moneter BI Kendari, Sabil SE, kemarin.

Sabil mengatakan,  selain 12 orang petani yang dimagangkan, juga diikuti dua pendamping. Masing – masing Muh Gamsir Bachmid dari Konsultasi Keuangan Mitra Bank (KKMB) dan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP).

Di Mataram  pengembangan rumput laut cukup berhasil. Bahkan KBI Mataram menjadikan rumput laut sebagai kluster mereka. Walaupun mereka belum melakukan proses industrialisasi, namun produksinya maksimal. “Jika di Sultra data produksi sudah ada, ini bisa menarik minat investor untuk membuka perusahaan yang mengolah rumput laut,” paparnya.

KKMB sendiri kata  Sabil,  pada 2008 ini, selain telah memagangkan 12  perwakilan dari kabupaten, juga telah melatih sejumlah peternak di Konawe. Bahkan sektor peternakan sudah banyak yang dilirik bank. “Perbankan berani melakukan pembiayaan sampai Rp 1 miliar lebih,” ujarnya.

Di sektor lain, KKMB juga telah mengikutsertakan anggotanya dalam pendampingan dana Program usaha agribisnis pedesaan (PUAP) di sejumlah kabupaten, sehingga dana  PUAP itu bisa dikelola maksimal di masing-masing desa dan berkembang.  “Harapan kami adanya KKMB bisa menjadi perantara dengan masyarakat dengan bank, agar layak dalam pembiayaan,” tambahnya. (lis/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s