4.673 Peserta Lolos Seleksi CPNSD .:. Usman Rianse Jamin Pemeriksaan Steril

Kendari, KP

20.000-an peserta tes CPNSD se-Sultra tidak lulus. Dalam daftar pengumuman hanya 4.673 yang lulus. Tak satuorang pun Kepala BKD kabupaten/kota yang bisa melihat lembaran pengumuman. Tak heran, hampir seluruh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang tadi malam mengawal berkas kelulusan CPNSD mengeluh. Mereka hanya menyaksikan penyerahan bundelan pengumuman dari Kepala Puskom (Pusat Komputer) Unhalu, Iksan Sarita kepada Asisten III Setprov, Thamrin Patoro, yang selanjutnya diserahkan kepada Pimpinan Redaksi Kendari Pos yang diwakili Redaktur Pelaksana, Sawaluddin Lakawa.

Sterilnya pengumuman tes CPNSD dari tangan birokrasi ini juga diungkapkan Thamrin Patoro, saat menyerahkan berkas pengumuman hasil tes CPNSD ke Kendari Pos dan Media Sultra, semalam (1/1). “Harapan kami, baik pemerintah provinsi, kabupaten kota dan pihak Unhalu, semoga apapun yang terjadi setelah diumumkan besok (hari ini, Red), ini adalah hasil terbaik yang dikerjakan pihak Unhalu. Yang mana, di dalam pelaksanaan pemeriksaan, sejak lembar kerja mereka (Unhalu) terima sampai pada malam ini, baik provinsi maupun kabupaten/kota tak pernah melakukan lobi,  koordinasi, apalagi intervensi para pemeriksa terkait hasil penguman ini,” kata Thamrin Patoro, sesaat setelah penyerahan berkas pengumuman tes CPNSD se Sultra, semalam.

Demikian juga Iksan Sarita menegaskan tak adanya intervensi yang dilakukan Birokrasi. Unhalu, khususnya tim pemeriksa juga menyatakan siap mempertanggungjawabkan pengumuman tes CPNSD yang dikeluarkan. “Kami dari pemeriksa telah melaksanakan tugas dan hasilnya bisa kami pertanggung jawabkan,” katanya.

Pengumuman seleksi CPNSD yang lulus dilakukan setelah dilakukan skoring melalui scanner yang dilakukan tiga orang tim pemeriksa di bawah tanggung jawab Rektor Unhalu, Prof Dr Ir Usman Rianse MS.

Sebelumnya, terkait hasil tes yang baru diserahkan, Rektor Usman Rianse menyatakan, timnya sudah bekerja maksimal. Hanya adanya kendala teknis, diantaranya data-data CPNS termasuk formasi yang terlambat dikirimkan beberapa daerah, menyebabkan pengumuman baru dapat dilakukan hari ini. Selain itu, penundaan pengumuman juga terkait dengan konsentrasi pelantikan pejabat Unhalu tanggal 31 Desember. “Yakinlah, pemeriksa adalah dosen terbaik yang amanah. Saya menjamin hal itu,” terang Rektor Unhalu di hadapan Setda dan Kepala BKD Se Sultra, kemarin.

Dugaan adanya praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), kata Usman, silahkan saja. Namun, kalau Perguruan Tinggi Negeri tidak dipercaya. Lantas, lembaga mana lagi yang akan dipercaya. Harus diyakini, walau pemeriksa adalah manusia biasa, tapi tim yang sudah dua kali bertanggungjawab atas hasil pengumuman CPNS Sultra adalah mereka yang terpilih dan teruji.

“Sampai-sampai harus berpindah dari satu hotel ke hotel lain, bahkan berpindah daerah tanpa sepengetahuan saya. Harap dicatat, di antara mereka pun ada yang bertugas untuk mengawasi rekannya. Yakinlah hasil pengumuman ini tidak mungkin mengecewakan semua pihak, sekaligus tidak akan memuaskan semua pihak. Jadi, jangan percaya kalau ada oknum yang mengatasnamakan saya, bahkan menggunakan nomor ponsel saya sekalipun karena nomor saya sudah di tangan KPK,” tukas pengganti Prof Mahmud Hamundu ini.

Sedangkan Asisten III Setda Pemprov Drs Thamrin Patoro MM, memuji kredibilitas pimpinan Unhalu yang belum genap setahun menjabat tersebut. “Saya saja baru tahu bahwa pemeriksanya hanya tiga orang saja. Ini keberhasilan rektor yang mampu menutupi siapa saja yang terlibat dengan hasil pemeriksaan tes hari ini supaya mengantisipasi jangan sampai ada oknum yang kirim nota. Apa yang dilakukan Unhalu hari ini, tentu saja sesuai mekanisme yang ada, yakni tanpa intervensi siapapun, termasuk di dalamnya Pemda karena sampai hari ini pihak BKD pun baru mengetahui hasilnya,” terang Thamrin yang mewakili Pemda Sultra.

Iksan Sarita, Tim Pemeriksa, juga menyesalkan adanya keterlambatan pengumuman yang diharapkan tanggal 30 Desember lalu. Katanya, kendala teknis seperti formasi yang terlambat disampaikan pihak provinsi, Bombana dan kota Kendari sehingga mempengaruhi jadwal pengumuman CPNS.

“Ada misscomunication yang harus diperbaiki lagi supaya ke depan tidak terulang. Sistem penilaian yang kami lakukan sepenuhnya melalui scanner yang diskoring kemudian disesuaikan dengan formasi yang ada . Hal lainnya, adalah kami berupaya melihat jangan sampai ada joki, sehingga hasilnya ada dua nama yang sama dinyatakan lolos. Soal dugaan-dugaan menyimpang, kami jamin apa yang kami lakukan objektif sesuai cara kerja profesional. Makanya kami mengundang media massa untuk menyaksikan persentase hari ini kemudian bersama Pemda membawa ke redaksi untuk diumumkan hari ini,” terangnya.

Hasil pantaun Kendari Pos, peserta persentase yang dihadiri Setda dan kepala BKD se Sultra pun tampak kebingungan, karena mereka hanya diwajibkan menandatangani lembaran pengumuman CPNS. Usman Rianse sebelumnya sudah menggaris bawahi bahwa, Pemda hanya sebatas menandatangani selebihnya menjadi urusan Unhalu sebagai penanggung jawab hasil tes CPNS. Akibatnya, tak sedikit pejabat kabupaten/kota yang bersunggut-sunggut karena tidak diperkenankan menggandakan hasil pengumuman. “Silahkan dilihat pengumumannya di Kendari Pos besok pak. Mekansimenya demikian,” tegas Iksan Sarita, menjawab pernyataan beberapa pejabat yang hadir saat itu.

Usai persentase, Asisten III Setda Pemprov, Tim Pemeriksa CPNS didampingi para Setda dan kepala BKD Se Sultra meninggalkan Lantai IV Rektorat menuju Kendari Pos dan Media Sultra. Di sana, Iksan Sarita menyerahkan hasil pengumuman secara simbolis kepada Thamrin Patoro. Selanjutnya, diserahkan kepada Redpel Kendari Pos, Sawaluddin Lakawa untuk diumumkan di harian terbesar di Sultra ini. (emi)

5 thoughts on “4.673 Peserta Lolos Seleksi CPNSD .:. Usman Rianse Jamin Pemeriksaan Steril

  1. ya mesti online or via website biar yg g terjangkau surat kabar “kendari Pos” g telat aksesnya. misal Wakatobi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s