Keganjilan Rekrutmen CPNS Mulai Terkuak

Kendari, KP

Sesempurna apapun sistem yang    digunakan tim seleksi CPNSD Sultra  tahun ini, tetap saja muncul masalah. Banyak diantara mereka yang dinyatakan lulus ternyata ada ganjil. Berbagai modus dan kejanggalan satu persatu diungkap, khususnya mereka yang gagal dan dengan telaten memperhatikan pengumuman itu di koran.

Simak cerita Norma R SPd, peserta asal Kabupaten Konawe, kemarin. Kata dia, pengumuman CPNSD yang disampaikan tanggal 2 Januari lalu sarat keganjilan. Pasalnya, peserta yang dinyatakan lulus atas nama St Jm dengan no tes 7401301714 pada formasi guru bahasa Inggris di SMK Kabupaten Konawe terindikasi siluman.

Nirma yakin sekali yang bersangkutan tidak ikut tes tanggal 17 Desember lalu.  “Peserta tes formasi guru bahasa Inggris kan hanya kita berdua dengan tempat duduk (sesuai no tes) bersebelahan. Saat ujian CPNSD, St Jm ini tidak hadir. Bagaimana mungkin dinyatakan lulus? Sementara saya saksikan sendiri bangkunya kosong saat itu. Tidak mungkin duduk dibangku lain karena kursi peserta sudah diseseuaikan dengan no tes masing-masing,” tukas Norma yang saat itu bernomor tes  7401301715.

Makanya, beber alumni Unhalu ini, saat tes dirinya merasa yakin tidak ada saingan untuk memperebutkan formasi satu orang (Guru Bahasa Inggris SMK di Kabupaten Konawe). Namun, ketika pengumuman CPNSD, justru nama St Jm yang dinyatakan lulus.

“Saya sudah konfirmasi masalah ini ke Sekda dan Kepala BKD Konawe. Namun menurut mereka, hanya berlandaskan apa yang ada di koran ditambah keterangan absensi dan LJK yang bersangkutan. Yang jadi pertanyaan saya, kenapa diloloskan orang yang jelas-jelas tidak ikut tes. Berarti ada joki sehingga yang bersangkutan bisa tes di dua tempat,” ungkap Norma lagi.

Tidak hanya itu, masalah lain yang dianggap ada keganjilan adalah adanya formasi sarjana otomotif saat pengumuman tapi begitu pengumuman CPNSD hilang. Ada formasi jurusan statistik di Kabupaten Bombana yang mestinya meluluskan kualifikasi SSi atau Sarjana Sains, ternyata yang diluluskan adalah Hr SSos (Sarjana Sosial). Termasuk lolosnya empat guru pendidikan matematika di Kabupaten Bombana yang tidak sesuai dengan spesialisasi keilmuan mereka, yakni Ags Kr SAg, Rsn SAg, Hrt SAg dan Shi SAg yang semuanya adalah alumni Sarjana Agama.

Terkait masalah CPNSD di atas, Asisten III Setda Pemprov Drs H Thamrin Patoro MM pun telah menerima berbagai laporan. Ia menegaskan bila ada peserta yang lolos tapi tidak ikut tes di provinsi secara otomatis dinyatakan gugur.

“Bagaimana mungkin meluluskan orang yang tidak ikut tes. Kalaupun ada indikasi joki, sebagai penanggung  jawab di provinsi saya akan melakukan konfirmasi. Kalau memang terbukti ada keganjilan, yah kita nyatakan gugur. Kita harus telusuri siapa yang bermain di belakang. Hanya jangan langsung dinyatakan ada permainan,” terang Thamrin, kemarin.

Mantan Kepala Bappedalda Sultra ini, juga akan melakukan konfirmasi pada penanggung jawab pemeriksaan CPNSD (Unhalu) terkait masalah formasi Magister (S2) yang kuotanya tiga orang tapi yang diluluskan hanya 2 peserta saja.

“Ini yang saya belum tahu persis. Apakah terlupa dimasukkan yang lulus ataukah ada persamaan nilai dari peserta yang jumlahnya lebih dari tiga ini. Intinya, kami meyakini Unhalu telah bekerja secara maksimal. Yang harus diingat terkait adanya yang tidak ikut tes tapi dinyatakan lolos, silahkan dikonfirmasi di Kabupaten/kota masing-masing,” terang Asisten III Setda Pemprov. (emi)

9 thoughts on “Keganjilan Rekrutmen CPNS Mulai Terkuak

  1. Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa para pejabat yang telah mengorbankan banyak harapan dari para pelamar. Salah satu yang banyak membuat para pelamar kecewa adalah karena BKD tidak mencantumkan berapa tenaga yang akan diterima dan ternyata setelah pengumuman yang diterima hanya satu orang. Jika dicantumkan jumlah yang diterima maka pelamar dapat berpikir terlebih dahulu sebelum melamar. Karena jika hanya satu orang kemungkinan besar yang lulus adalah pesanan para pejabat.
    http://www.sampara.com

  2. trus gimana pak nasibnya yang sudah bersusah payah ikut tes, tapi setelah pengumuman formasi yg dilamar hilang???

  3. tolong untuk pendaftaran periode ke dua, supaya formasinya di cantumkan jumlahnya, agar pelamar bisa mempertimbangkan peluang masuk secara murni, kemudian habis pemeriksaan tes, harap segera di umumkan supaya tidak ada kecurangan. “waktu bisa mengubah segalanya” betul tawwa katanya “dg sampara” wa…kak…kak…kak………………

  4. Adoooooooo….
    Bagaimana ka bisanya urusannya bisa sebobrok ini….
    Coba malu sedikit dan……..
    Para pejabat, ingat jangan terlalu banyak buat dosa…
    ingat keluarga…

  5. astaghfirullah…………………
    para pejabat mohon di ingat bahwa korupsi tidak akan membuat hidup menjadi tentram….uang yang didapat dari korupsi itu uang haram bukannya rizki dari Allah…..
    uang itu dimakan oleh istri dan anak2 bapak/ibu…..
    ingatlah ahwa neraka itu sangat pedih…
    azab kuur juiga ada…….

  6. assalamu alaikam wr.wb
    berlomba-lomba orang untuk menjdi pns namun banyak pula orang yang akan memanfaatkan momen ini bagaimana jadinya bila menjadi aparat negara maka bisa hancur negara ini bila rekrutmen pns lewat jalur yang salah, berbagai masalah ditemukan dalam penerimaan pns tolong kpk tindak lanjuti para aparat yang bertanggung jawat terhadap penerimaan pns di sultra

  7. Ya…saya prihatin ma PNS di kendari.saya ada info yg bener2 memprihatinkan.ada PNS dokter umum di Wanci yang blm setahun mengabdi sdh bolak balik cuti.sebulan 2 sampai 3 mgg cuti kapan periksa pasien tuh.gaji penuh kerja seminggu. bobrok banget tuh.bhkn udah mengajukan biaya untuk sekolah specialis.kok aparat pemerintah daerah mengijinkan…wah…setahu saya pengabdian dulu dong untuk masyarakat.tingkatkan pelayanan,jgn hambur hamburkan duit daerah dong pak….ini namanya korupsi kebijakan!!!! aku heran benget deh!!!!aku mau liat apakah pemerintah daerah wanci kebal KPK kebijakan …..

  8. yah penerimaan pns hrs profesional.jd tak ada cerita setelah diterima jd pns malah bertingkah. ada rekan sejawat sya seorang dokter umum ditempatkan di wanci yang cuti semaunya dengan alasan tes untuk specialis,padahal belum ada setahun si dokter pns berdinas.apa mgkn karena “dekat”dengan bupati hingga kerja seminggu terbang ke surabaya 2 smp 3 minggu dalam jangka waktu yang berdekatan.jangan jangan biaya spesialis pun dari APBD…wah ati ati lo pak kena KPK nanti.PENGABDIAN UNTUK MASYARAKAT ITU GUNANYA ADA PNS….

  9. Sekedar konfirmasi Buat mba NIRMA yth di konawe, lulusan cpnsd jur statistik di kab.bombana yang anda maksud adl sy orangx. Sebelum menuduh apakah anda sdh konfirm terlbh dahulu? Asal anda tahu, sy sdr lulusan S.Si bkn S.Sos. Kemungkinan bkd atau koran yg salah cetak, tp ijazah sy nda mungkin salah. Tp sy sdr tdk masalah… Jd maaf klo smua jd salah paham. Makasih….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s