Garuda Layani Rute Kendari :: Harga Promosi Kendari-Makassar Rp 265 Ribu

Kendari, KP

Tingginya arus penumpang penerbangan baik tujuan maupun keluar Sultra, membuat sejumlah maskapai membuka rute penebangan. Terbaru, maskapai penerbangan milik BUMN, Garuda Indonesia, Jumat (16/1) resmi beroperasi di Kendari.

Distrik Manager (DM) Garuda Indonesia Makassar, Uun Setiawan mengatakan, pesawat berjenis Boeing 737 seri 300 ini, akan melayani penerbangan rute Kendari – Makassar – Jakarta. “Jadwal penerbangan pukul 16.05 Wita. Tiba di Makassar pukul 16.55 Wita. Kemudian lanjut Jakarta pukul 17.35 dan tiba pukul 18.50 Wita,” terang Uun Setiawan dihadapan para agen trevel kemarin di Kendari.

Di awal penerbangan ini, Garuda membuka harga promosi. Dari Kendari-Makassar seharga Rp 265-Rp 300 ribu lebih. Kemudian untuk rute Kendari-Jakarta Rp 1 juta. “Harga promo ini kami berikan hanya beberapa hari saat promosi, setelah itu harga menyesuaikan,” ujarnya.

Rencana semula, maskapai milik pmerintah ini melayani rute Kendari pada Maret nanti. Namun melihat ramainya dan cepatnya proses perizinan sehingga jadwal semula dimajukan pada pertengahan Januari ini. “Bersamaan dibukanya rute Kendari, Garuda juga membuka rute Jakarta – Tanjung Karang (Lampung), kemudian menyusul rute Palu (Sulawesi Tengah). Nah, dengan dibukanya sejumlah rute tadi, kini Garuda mendatangkan sejumlah pesawat baru dari luar negeri seperti jenis New Generation,” katanya.

Uun berharap, hadirnya Garuda di Kendari mendapat antusias masyarakat. “Travel maupun cargo agen saya harap bisa bekerjasama dengan kami. Karena eksis dan majunya kami tidak bisa tanpa peran para agen,” ujarnya memberi suport.

Sebelumnya Kadis Perhubungan Sultra, Hery H.Silondae yang ditemui di kantornya mengatakan hadirnya Garuda diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Apalagi saat ini load faktor (kapasaitas penumpang) rata – rata di Sultra mencapai 90 persen. Itu artinya kebutuhan akan jasa penerbangan di Sultra tinggi. “Empat maskapai yang selama ini melayani Kendari masih kurang. Hal ini terlihat dari seat masing-masing pesawat yang selalu penuh,” terangnya.

Kehadiran Garuda dipastikan tidak akan menimbulkan perang tarif antar maskapai. Masing – masing tentunya sudah memiliki pangsa pasar tersendiri. Hal ini pun diatur dari jadwal penerbangan mereka yang tidak bersamaan. “Seperti jadwal terbang garuda berada setelah Sriwijaya dan sebelum Merpati,” katanya.

Bahkan, prospek penerbangan di Kendari bakal meningkat pesat. Ini ditandai dengan meningkatkan anggaran pemerintah. Kondisi ini tentunya menjadikan mobilisasi perjalanan ke luar daerah tinggi. “Dengan begitu jasa penerbangan akan semakin dibutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Katua Asosiasi usaha jasa perjalanan (Asita) Nurdin Tompo mengaku kehadiran Garuda telah lama ditunggu masyarakat termasuk para pemilik usaha jasa perjalanan. “Semakin pesatnya jasa penerbangan di Kendari tentunya semakin memajukan usaha para jasa perjalanan di Kendari,” kata Nurdin yang juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Apalagi semakin banyaknya investor yang ingin mengolah tambang dan sektor perikanan di Sultra, tentunya membuat semakin banyak pendatang. Bukan hanya sektor penerbangan yang menjanjikan, namun jasa perhotelan dan restaurant pun semakin ramai. “Apalagi dengan adanya wisata alam Wakatobi, hal ini tentunya semakin meramaikan sektor pariwisata di Sultra. Harapan kita semua, ini awal kemajuan untuk Sultra,” tambahnya. (lis/lan)

One thought on “Garuda Layani Rute Kendari :: Harga Promosi Kendari-Makassar Rp 265 Ribu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s