Jadwal Seleksi Tahap II CPNS Belum Jelas

Kendari, KP

Kegelisahan mereka yang ingin melamar jadi PNS melalui seleksi tahap II masih akan panjang. Pemprov Sultra belum bisa menentukan waktu tepat karena masih menunggu jadwal dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (Men-PAN). Tapi Pemprov yakin, seleksi kedua PNS tahun 2009 ini bisa digelar Januari.Asisten III Setda Pemprov Drs H Thamrin Patoro MM, menuturkan bahwa hasil petemuan dengan Menpan belum lama ini, CPNSD gelombang II mencapai 3000 kuota se kabupaten/kota/provinsi. “Soal formasi apa saja yang dibutuhkan, juga masih menunggu kepastian Menpan,” katanua.

Tharin juga menyebutkan bahwa penerimaan nantinya sesuai dengan usulan kebutuhan masing-masing daerah dengan kualifikasi ilmu alumni SMA sederajat, D2, D3 dan D4, Sarjana, Magister hingga doktor untuk menjadi PNS. “Syarat pendaftaran pun tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, di antaranya warga negara Indonesia, min 18 tahun dan maksimal 35 tahun. kalaupun berusia di atas 35 tahun, harus ada SK pengabdian,” beber mantan Kepala Badan Parawisata Sultra ini.

Selain mengabarkan soal jadwal seleksi yang masih harus menunggu Men-PAN, Thamrin juga menyampaikan mengenai pemberian peluang menjadi pamong praja bagi semua warga Sultra yang ingin jadi pegawai negeri sipil sebanyak tiga kali sepanjang tahun 2009 ini.

Kata Asisten III ini, selain penerimaan CPNSD tahap II yang diupayakan Januari ini, ada penerimaan pegawai jalur database yang akan dituntaskan tahun 2009 serta formasi 2009 yang diperkirakan Maret-April dilakukan secara nasional.

“Ini anugrah bagi Sultra. Pusat memberikan peluang hanya di dua Provinsi di Sulawesi yakni Sultra dan Sulawesi Barat. Tinggal berupaya dan berdoa saja, siapa tahu lolos di seleksi tahap II atau formasi 2009. Bagi yang belum terangkat tapi sudah terdata melalui database, tak perlu khawatir karena sesuai program pemerintah akan dituntaskan tahun ini,” tandas Thamrin, kemarin.

Terakhir, ia menegaskan, rekruitmen CPNSD baik tahap II, database maupun formasi 2009, dilakukan benar-benar sesuai hasil LJK peserta. Karenanya, pemeriksaan LJK CPNSD kali ini dilakukan lebih hati-hati lagi. Hanya saja, Asisten III Setda Pemprov ini belum memastikan apakah masih menggunakan Unhalu sebagai tim pemeriksa CPNSD ataukan perguruan tinggi lain yang dianggap berkualitas dan layak.

“Kita hanya menginginkan hasil yang maksimal. Kesalahan yang lalu, diharapkan tidak terulang kembali. Jelas yang lalu akan menjadi pembelajaran untuk perbaikan, sesuaikata pepatah pengalaman adalah guru yang paling bijak,” pungkas Thamrin.(emi)

2 thoughts on “Jadwal Seleksi Tahap II CPNS Belum Jelas

  1. kebiasaan buruk trus diplihara. bisanya cma nunda-nunda. sertakan jg dong formasi buat S1 Matematika MIPA. di sultra udah ada Matematika MIPA bukan cma pendidikan Matematika saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s