Inter Lolos Susah Payah

Milan,KP

Inter Milan memasitkan lolos ke babak kuarter final Coppa Italia. Tapi, tiket babak delapan besar tersebut harus diraih dengan susah payah.

Bermain di kandang sendiri, Stadion Giuseppe Meazza,   Inter harus menunggu hingga waktu tambahan untuk memetik kemenangan 3-1 atas Genoa. Padahal, Genoa bermain hanya dengan 10 pemain sejak menit ke-20 karena salah satu pemainnya terkena kartu merah.

Ini untuk kali kedua dalam kurun waktu tiga hari, Inter Milan nyaris malu di kandang sendiri. Sabtu lalu, skuad Jose Mourinho hanya bisa bermain seri 1-1 melawan Cagliari setelah Zlatan Ibrahimovic mencetak  gol untuk Inter di menit-menit akhir.

Di laga dini hari kemarin, Inter  sengaja memberikan kesempatan kepada dua strikernya yang selama ini dipinggirkan, Adriano dan Hernan Crespo. Pada menit ke-20, Adriano mestinya sudah bisa membuat Inter memimpin. Saat ini wasit memberi hadiah penalti setelah dirinya dijatuhkan bek Giuseppe Biava dikotak terlarang dan akhirnya diganjar kartu merah. Tapi eksekusi Adriano bisa dimentahkan kiper Alessio Scarpi. Putusan penalti itu sendiri sempat mendapat protes keras dari pemain Genoa. Dari tayang ulang terlihat pelanggaran Biava terjadi di luar kotak penalti.

Unggul satu pemain, Inter makin dominan. Tercatat paling tidak tujuh peluang yang didapat Javier Zanetti dkk namun tetap gagal seiring dengan cemerlangnya aksi Scarpi, termasuk peluang 99 persen gol yang didapat Crespo di pengujung babak pertama yang membentur kaki Matteo Ferrari.

Tapi,  Adriano akhirnya berhasil membayar kegagalannya dengan mencetak gol di menit ke-75 menuruskan umpan matang Maxwell yang melakukan penetrasi di sayap kiri. Setelah mencetak gol, pemain yang kini menjadi incaran Tottenham Hotspur itu digantikan Zlatan Ibrahimovic.

Terus menekan, Inter malah kecolongan. Lima menit setelag gol Adriano, Il Grifone ( sebutan Genoa) membalas lewat kapten Marco Rossi. Gol tersebut lahir berawal dari kesalahan Walter Samuel saat mengintersep bola, Rossi lantas menggiring bola menuju kotak 16 meter dan melepas tembakan melengkung yang terarah ke pojok tiang jauh gawang Inter tanpa berhasil dijangkau kiper Toldo. Skor berubah menjadi 1-1. Hingga waktu normal berakhir, kedukukan imbang tidak berubah karena sederet peluang Inter bisa dimentahkan barisan belakang Genoa dan kiper Scarpi.

Untuk menentukan pemenang,laga dilanjutkan ke babak tambahan. Disaat energy lawan sudah menipis, Inter mampu mencuri dua gol masing-masing lewat Esteban Cambiasso di menit ke-100 dan Ibrahimovich menit ke-103.

Meski harus bekerja ekstra keras, pelatih Inter Milan, Jose Mourinho, mengaku senang dengan performa timnya. “Tim bermain hingga waktu tambahan dengan kualitas tinggi,” kata Mourinho seperti dilansir Associated Press. “Kita boleh bicara Genoa hanya bermain dengan10 orang. Tapi kami membuat 10 hingga 12 peluang emas,” sambungnya.

Secara khusus mantan pelatih Chelsea ini mengomentari penampilan Adriano. “Adriano telah melakukan tugasnya. Dia memang belum berkembang untuk urusan kepercayaan diri dan kecepatan, tetapi saya bahagia untuknya dan juga keseluruhan tim. Jika Adriano bermain dengan bagus, maka kegagalannya dalam menendang penalti pun tak berarti banyak,” tandasnya.

Langkah Inter Milan untuk terus melaju di ajang Coppa Italia akan akan menemui jalan terjal. Sebab di babak delapan besar mereka sudah ditunggu tim tangguh AS Roma yang lolos setelah mengalahkan Bologna dengan skor 2-0. (ali)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s