Landasan Pacu WMI Ditambah .:. Dengan Masuknya Garuda Indonesia di Kendari

Kendari, KP

Saat  ini panjang landasan pacu Bandara Woltermonginsidi (WMI) Kendari baru 2100 meter dan lebar 30 meter. Nah, dengan masuknya sejumlah maskapai penerbangan baru termasuk PT Garuda Indonesia, tahun ini bakal ditambah menjadi 2250 meter dan lebar  45 meter. Bahkan, 2010 nanti landasan pacu bakal ditambah 2500 meter. “Anggaran penambahan landasan pacu dan fasilitas lainnya bakal menelan dana sebesar Rp 36 miliar. Jumlah itu berasal dari APBN,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Sultra, Hery H.Silondae kemarin.

Dengan semakin luasnya landasan pacu dan pengembangan fasilitas terminal, nantinya bandara WMI menjadi satu dari 10 bandara yang mewah di Indonesia. Sehingga fasilitas ini akan menarik para pengunjung, termasuk  jumlah maskapai penerbangan.  “Di bulan Maret 2009 nanti, Air Asia akan masuk  Kendari. Saat ini mereka sedang melakukan survei. Semakin maraknya jasa penerbangan tentunya harus mendapatkan dukungan kemajuan fasiltias,” paparnya.

Selain dana APBN, APBD juga memberikan anggaran untuk WMI, namun pengunaannya sebatas pada biaya operasional bandara. Fasilitas lain yang akan dikembangkan untuk kenyamanan pengguna bandara, yakni perbaikan  hotel di WMI. Ini mengingat semakin banyaknya pengunjung di Kendari. Khususnya mereka  yang melakukan kegiatan investasi di Kendari. “Dengan kenyamanan fasiltas, tentunya akan mempermudah mereka beraktivitas,” tambahnya. (lis/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s