Masih Ada PNS Lolos Caleg?

Kendari, KP

Daftar calon tetap (DCT) legislatif telah ditetapkan tiga bulan lalu. Namun, hingga kini ditengarai masih ada caleg bermasalah yang masih lolos. Hal itu diungkapkan anggota Panwaslu Sultra, Hartawan Konggoasa saat ditemui kemarin.

Menurut Hartawan, Panwaslu Sultra beberapa hari terakhir menerima sejumlah laporan terkait masih adanya caleg bermasalah. Sebagian besar laporan itu menyebutkan beberapa oknum caleg yang terindikasi masih aktif sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Ada juga caleg yang dilaporkan karena lolos seleksi CPNS. Sayang, Hartawan, tidak berani menyebut caleg yang dimaksud. “Kami sedang mengusut laporan masyarakat,” ujarnya.

Bagaimana jika terbukti? Pensiunan Bawasda Kendari ini menegaskan,  pencalonan oknum caleg bermasalah akan dibatalkan demi hukum. “Kalau namanya sudah muncul di surat suara bahkan sudah terpilihpun, pencalonannya masih bisa dibatalkan karena tidak lagi memenuhi syarat,” imbuhnya.

Selain itu, jika tidak terpilih sebagai anggota legislatif, caleg PNS juga tidak bisa lagi kembali menggeluti dunia PNS. “Untuk maju sebagai caleg harus terdaftar sebagai anggota parpol dibuktikan dengan kartu tanda anggota parpol. Kalau sudah menjadi anggota parpol, maka PNS yang bersangkutan tidak berhak menyandang status PNS lagi,” terangnya. (cr6/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s