Rizal Ramli Utus Pengacara ke Polri

Jakarta, KP

Rizal Ramli all out menghadapi status tersangka yang dia terima terkait kerusuhan demo penolakan kenaikan harga BBM. Kemarin mantan Menko Perekonomian itu mengirim sejumlah pengacaranya ke Bareskrim Polri. Mereka mempertanyakan alasan polisi memberikan status tersebut kepada kliennya.

Pengacara yang dipimpin Sirra Prayuna itu berniat hendak menemui Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji. Namun, rencana tersebut gagal dan mereka harus puas diterima Direktur I/Keamanan dan Transnasional Polri Brigjen Pol Badrodin Haiti. “Penetapan sebagai tersangka itu sangat prematur,” ujar Sirra setelah bertemu Badrodin.

Rizal sedianya diperiksa Kamis lalu (8/1). Namun, saat itu ketua Komite Bangkit Indonesia (KBI) tersebut berhalangan hadir dan kabarnya bersedia datang pada hari ini. “Insya Allah, mudah-mudahan (bisa datang) sepanjang tidak ada kesibukan,” tambah Sirra. Kamis itu adalah panggilan kedua.
Seperti diberitakan, Rizal yang berstatus tersangka itu sebenarnya telah dua kali diperiksa polisi dengan status saksi pada Agustus lalu. Saat itu dia dicecar pertanyaan seputar aksi Sekjen KBI Ferry Joko Yuliantono, yang ditangkap karena diduga terkait aksi rusuh massa dan mahasiswa pada 24 Juni lalu.

Saat itu sebuah mobil dibakar dalam aksi penolakan kenaikan harga BBM. Sejak itu pula, nama Rizal mengapung dalam daftar panggilan polisi. Mantan komisaris utama PT Semen Gresik Tbk tersebut adalah ketua KBI. Rizal dikenai pasal 55, 56, dan 160 KUHP tentang penghasutan. (naz/cak)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s