Mas’udi Diminta Mundur dari KPU .:. Terkait Istrinya Masuk Caleg

Kendari, KP

Lolosnya Rahmawati Badala sebagai calon anggota legislatif (Caleg) PAN dapil VI (Muna-Buton Utara), yang tak lain merupakan istri anggota KPU Sultra, Mas’udi mendapat sorotan dari Sekretaris Partai Demokrat, Endang SA.

Keraguan akan independensi kinerja menjadi permasalahannya. Makanya Direktur Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Unhalu, Satria Muldjabar SH MKn, menyarankan agar Mas’udi mengundurkan diri dari anggota KPU atau istrinya yang mundur dari bursa Caleg. “Ini masalah etika. Sebagai penyelenggaran Pemilu  harus independen dan nonpartisipan baik partai politk, caleg atau kecendrungan ke parpol tertentu,” ujar Satria Muldjabar SH MKn kemarin.

Satria mengakui dalam Undang-undang Nomor 10 tahun 2008, tentang Pemilu, tak ada yang melarang bila suami menjadi anggota KPU, namun istri tak boleh menjadi caleg. Begitupun sebaliknya termasuk tak ada larangan bila saudara kandung menjadi anggota KPU, maka salah satunya tak boleh menjadi caleg. Hanya saja untuk menjaga independensi dan etika, termasuk sorotan publik,  sebaiknya tak dilakukan. ”Saran saya sebaiknya salah satu mundur. Tapi ini bukan keharusan karena melarang sama dengan melanggar hak politik seseorang,” jelasnya.

Apakah tak diatur dalam kode etik KPU? Kata Satria Peraturan KPU Nomor 31 tahun 2008 tentang Kode etik, penyelenggara Pemilu diminta bertindak netral dan tidak memihak dalam penyikapi baik berkaitan dengan Parpol, caleg dan pemilih.  ”Tak ada aturan tegas yang melarang,  hanya etika saja. Makanya sebaiknya mundur,” tukas mantan Ketua Panwas Kota Kendari saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) lalu. (awl/lan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s